Disdik OKU sebar 3.000 liter Ecoenzyme ke Sungai Ogan

id Cairan Eco Enzymen, kualitas air sungai, Sungai Ogan, Disdik OKU

Disdik OKU sebar 3.000 liter Ecoenzyme  ke Sungai Ogan

Ribuan pelajar di Kabupaten OKU menebar ecoenzymen di Sungai Ogan, Jumat. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menebar 3.000 liter ecoenzyme ke Sungai Ogan agar air sungai semakin jernih.

Kepala Disdik Ogan Komering Ulu (OKU), Alfarizi di Baturaja, Jumat mengatakan, dalam penebaran produk ecoenzyme ini pihaknya menerjunkan ribuan pelajar di daerah itu.

"Penebaran ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT OKU ke 112 tahun 2022," katanya.

Dia menjelaskan, ecoenzyme yang berasal dari sampah buah-buahan dan sayur-sayuran ini sengaja disebar ke Sungai Ogan, karena sangat bermanfaat untuk mengurangi PH air dan menjernihkannya.

Menurut Alfarizi, pada kegiatan ini pihak melibatkan 1.000 pelajar mulai dari sekolah dasar (SD) sampai sekolah menengah pertama (SMP) yang ada di OKU.

"Kegiatan ini merupakan yang pertama di Sumsel. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini bisa membantu menjaga ekosistem yang ada di Sungai Ogan," katanya.

Alfarizi menjelaskan, ecoenzymen adalah cairan hasil olahan sampah berbahan organik yang sangat bermanfaat untuk menjaga kejernihan air sungai.

Hasil pengembangan cairan yang terbuat dari fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah dan sayuran ini berfungsi menjernihkan air sungai agar semakin jernih.

"Melalui gerakan ini diharapkan Sungai Ogan yang menjadi satu-satunya sumber air bersih bagi warga OKU agar tetap lestari," ujarnya.*

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Disdik OKU sebar 3.000 liter Ecoenzyme ke Sungai Ogan