Pelajar OKU diajak kembangkan cairan penjernih Sungai Ogan

id Cairan Eco Enzymen, kualitas air sungai, Sungai Ogan, Disdik OKU

Pelajar OKU diajak kembangkan cairan penjernih Sungai Ogan

Pelaksana Tugas Kepala Disdik Ogan Komering Ulu (OKU), Alfarizi. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Ini akan menjadi suatu gerakan masal bagi pelajar di OKU sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan
Baturaja (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mengajak para pelajar di daerah itu untuk mengembangkan cairan Eco Enzymen guna menjaga kualitas air Sungai Ogan agar tetap jernih.

Pelaksana Tugas Kepala Disdik Ogan Komering Ulu (OKU) Alfarizi di Baturaja, Rabu, mengatakan saat ini pihaknya sedang mengembangkan cairan Eco Enzymen dengan melibatkan pelajar di daerah itu. Cairan ini adalah hasil olahan sampah berbahan organik yang amat bermanfaat untuk menjaga kejernihan air sungai.

Menurut dia, hasil pengembangan cairan yang terbuat dari fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah dan sayuran ini nantinya disebar secara masal oleh pelajar khususnya yang sekolahnya berada di pinggiran Sungai Ogan.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kejernihan dan populasi Sungai Ogan yang menjadi sumber air bersih bagi warga Kabupaten OKU agar tetap lestari.

"Rencananya cairan yang diyakini bisa menjernihkan air itu bakal disebar secara serentak ke Sungai Ogan pada Juli 2022," ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana Harian Bupati OKU, Teddy Meilwansyah menambahkan cairan ini bermanfaat bagi lingkungan, termasuk untuk menjaga kejernihan air dan populasi yang ada di Sungai Ogan.

Bupati berharap penebaran cairan itu ke Sungai Ogan bisa dilakukan secara serentak pada Juli 2022 di perbatasan OKU mulai dari Kecamatan Ulu Ogan sampai Kedaton Peninjauan Raya.

"Ini akan menjadi suatu gerakan masal bagi pelajar di OKU sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan," ujarnya.