Petugas berupaya menangkap buaya sepanjang dua meter masuk kolam warga

id buaya,buaya masuk kolam,buaya ke kolam warga,warga bintan,bintan,petugas tangkap buaya

Petugas berupaya menangkap buaya sepanjang dua meter masuk kolam warga

Petugas Damkar Bintan, Kepri, memasang jerat buaya menggunakan umpan ayam mati di kolam warga Kampung Jawa, Kamis (28/7). (ANTARA/HO-UPTD Damkar Bintan Timur)

Bintan (ANTARA) - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran berupaya menangkap dan mengevakuasi buaya sepanjang sekitar dua meter yang masuk ke dalam kolam milik warga di Kampung Jawa, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.

Buaya itu diduga sudah beberapa bulan berada di dalam kolam milik warga yang berukuran 6×8 meter dengan kedalaman sekitar empat meter.

"Menurut pemilik kolam, Udin, buaya itu masuk dari Sungai Lekop Bintan saat banjir besar terjadi beberapa waktu lalu," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Pemadam Kebakaran Bintan Timur Nurwendi di Bintan, Kamis.

Baca juga: Seekor buaya muara masuk ke tambak udang di Pasia Paneh Agam
Petugas Pemadam Kebakaran dan Satuan Polisi Pamong Praja, menurut dia, memasang jerat dengan umpan bangkai ayam di kolam untuk menangkap buaya tersebut.

"Kami yakin buaya akan memakan umpan ayam mati itu, karena tak ada makanan lain di dalam kolam tersebut," katanya.

Ia mengatakan bahwa petugas berupaya menangkap dan memindahkan buaya tersebut ke habitat aslinya agar tidak membahayakan keselamatan warga setempat.

Nurwendi mengimbau warga kampung untuk sementara tidak beraktivitas di sekitar kolam tempat buaya berada.

Dia juga menyampaikan bahwa pada pertengahan Juni 2022 petugas pemadam kebakaran mengevakuasi buaya berukuran 1,5 meter yang masuk ke area sungai di Kampung Kolong Enam, Bintan Timur, dan kemudian memindahkannya ke habitat buaya.
Baca juga: Seekor buaya menyerang penumpang sepeda motor
Baca juga: Di Tarakan, tim SAR temukan jasad dalam perut buaya