Dua pasangan Indonesia membidik gelar perdana di BWF Super 750K di Kuala Lumpur

id malaysia open 2022

Dua pasangan Indonesia membidik gelar perdana di BWF Super 750K di Kuala Lumpur

Fajar Alfian (kiri) dan Muhammad Rian Ardianto. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Dua pasangan Indonesia tinggal selangkah lagi menuai hasil dalam perburuan gelar perdana turnamen bulu tangkis level BWF Super 750 di Kuala Lumpur, Minggu, setelah memastikan diri ke babak final Malaysia Open 2022.

Kedua pasangan itu ialah ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dengan masing-masing dijadwalkan berlaga di partai kedua dan kelima.


Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva yang berperingkat ke-133 akan bertemu Zhang Shu Xian/Zheng Yu asal China. Pertandingan ini akan menjadi kali kedua pertemuan mereka di ajang kompetisi.

Pertemuan perdana antara Apri/Fadia dan Zhang/Zheng terjadi di babak 16 besar Indonesia Open bulan lalu dan ketika itu pasangan Indonesia tampil sebagai pemenang setelah terlibat laga tiga gim 21-16,16-21, 21-18.

Meski menang dalam pertemuan terakhir, catatan itu tidak bisa menjadi patokan kemudahan laga hari ini. Mengingat sebelumnya, Apri/Fadia harus main capek dengan menghabiskan satu jam 20 menit untuk menundukkan pasangan peringkat ke-33 itu.

Sementara itu di nomor ganda putra, unggulan keenam Fajar/Rian akan bertemu dengan pasangan peringkat kedua Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di partai puncak.

Laga mereka hari ini akan menjadi pengulangan dari pertemuan serupa yang terjadi di babak final Thailand Open 2022 bulan Mei. Pada saat itu, Fajar/Rian harus puas menjadi runner-up karena Fajar terpaksa berhenti bertanding akibat cedera punggung.

Di babak final Thailand Open, Fajar/Rian mundur di gim pertama saat posisi mereka tertinggal 4-13 dari ganda putra asal Jepang itu.

Sejauh ini, Fajar/Rian dan Hoki/Kobayashi sudah melakoni empat kali pertandingan dengan masing-masing mencatatkan dua kemenangan dan dua kali kalah.

Pertandingan babak final Malaysia Open 2022 akan digelar di Axiata Arena, Kuala Lumpur dan dimulai pada pukul 12.00 WIB, berikut rincian jadwalnya:

1. Ganda campuran
Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) vs Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China)

2. Ganda putri
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Indonesia) vs Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China)

3. Tunggal putri
Ratchanok Intanon (Thailand) vs Chen Yu Fei (China)

4. Tunggal putra
Viktor Axelsen (Denmark) vs Kento Momota (Jepang)

5. Ganda putra
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia) vs Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang)