PMI Kota Palembang tambah 2.000 kantong stok darah

id PMI Palembang, udd pmi, donor darah, kantong darah, stok darah, tambah stok darah, pmi, palang merah indonesia

PMI Kota Palembang tambah 2.000 kantong stok darah

Kegiatan donor darah massal (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang, Sumatera Selatan menambah 2.000 stok darah pada bulan Juni.

Stok darah tersebut diupayakan lebih banyak lagi hingga akhir bulan ini minimal 3.000 kantong, kata Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Palembang dr Silvi Dwi Putri, di Palembang, Senin.

Untuk menambah stok darah, selain pelayanan di UDD PMI, pihaknya berupaya menggelar kegiatan donor darah massal di sejumlah pusat keramaian guna memudahkan masyarakat menyumbangkan darahnya membantu pengobatan pasien rumah sakit.

Baca juga: PMI Palembang gandeng organisasi profesi tingkatkan stok darah
Salah satu lokasi kegiatan donor darah massal yang bisa dikunjungi masyarakat yang secara sukarela mendonorkan darahnya yakni pusat kegiatan olahraga Kambang Iwak Palembang.

"Masyarakat bisa mendonorkan darahnya sambil berolahraga atau jalan santai di setiap akhir pekan di Kambang Iwak," ujarnya.

Selain membuka pelayanan donor darah di pusat keramaian, pihaknya juga berupaya mengajak organisasi sosial kemasyarakatan, organisasi profesi, perusahaan swasta dan milik negara, komunitas, serta pihak lainnya untuk bekerja sama menggelar kegiatan donor darah massal.

Dengan banyaknya kegiatan donor darah massal diharapkan stok darah di PMI tersedia cukup sesuai dengan kebutuhan pasien rumah sakit yang setiap bulannya hingga 5.000 kantong darah, kata Silvi.
Baca juga: Pendonor darah sukarela di PMI OKU sepi