GoPay dan BEI perluas program edukasi investasi "FinanSiap"

id Gopay, gojek, bei,Finansiap, investasi

GoPay dan BEI perluas program edukasi investasi "FinanSiap"

GoPay x BEI. (ANTARA/Gojek)

Jakarta (ANTARA) - Penyedia layanan keuangan digital GoPay bersama dengan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) berkolaborasi dalam program edukasi "FinanSiap".

Mengutip keterangannya pada Selasa, keduanya ingin memberikan edukasi keuangan sekaligus pengelolaan aset yang lebih baik serta cerdas untuk meningkatkan literasi keuangan.

"Melalui program edukasi FinanSiap yang telah kami mulai sejak Juli lalu, kami telah menjangkau 56 ribu penonton melalui diskusi virtual yang dengan para pakar keuangan dan investasi," kata Chief Marketing Officer GoPay, Fibriyani Elastria.

Edukasi yang merupakan bagian dari perluasan program FinanSiap ini menyasar masyarakat kelompok usia muda yang sekarang menjadi kelompok investor retail terbesar di pasar modal Indonesia.

"Melihat antusiasme anak muda yang sangat tinggi, kali ini, kami memperluas cakupan materi edukasi FinanSiap termasuk tentang investasi saham di pasar modal. Materi edukasi ini juga akan kami perluas kepada para pengguna dan mitra usaha (merchant) GoPay, Gojek, Tokopedia," imbuhnya.

Berkaitan dengan hal ini, Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi mengatakan program ini positif dan sejalan dengan target edukasi pasar modal yang selama ini dilakukan oleh BEI.

"Untuk itu, kami menyambut baik kolaborasi ini untuk meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal sambil memastikan pesan yang disampaikan sejalan dengan misi kita untuk mencetak investor ritel pemula yang cerdas," kata Hasan.

Program FinanSiap didesain untuk menjawab kebutuhan peningkatan literasi keuangan di tengah masyarakat yang semakin melek teknologi serta investasi.

Berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), terjadi kenaikan jumlah investor pasar modal dari 2.484.354 pada tahun 2019 menjadi 3.880.753 pada akhir tahun 2020, dan bahkan mencapai angka 6.610.173 pada 15 Oktober 2021.

Data Per-September 2021, tercatat 59,23 persen dari total investor pasar modal merupakan kalangan anak muda di bawah usia 31 tahun.

Namun demikian, hasil dari Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) ketiga yang dilakukan OJK pada 2019 mengenai indeks literasi keuangan menunjukkan hanya 38 persen dari total penduduk Indonesia yang memiliki literasi keuangan yang baik.

Program FinanSiap terdiri dari rangkaian konten edukasi yang dikemas secara ramah sehingga dapat mudah dipahami oleh masyarakat umum dan investor pemula, dalam bentuk website, artikel, video, webinar, infografis, serta podcast.

Program ini melibatkan berbagai pakar dan ahli pasar modal sebagai pemateri serta narasumber.

Materi edukasi FinanSiap yang tersedia di gopay.co.id/finansiap disusun ke dalam tiga modul yang mencakup perencanaan keuangan, pengelolaan keuangan, dan pengenalan jenis investasi.

Sebelumnya, kelas virtual FinanSiap telah dimulai sejak Juli 2021 dan diadakan setiap bulannya.

Setiap sesi FinanSiap ditayangkan lewat Instagram Live akun resmi @gopayindonesia dengan melibatkan berbagai perencana keuangan serta figur publik.

Materi yang dibahas di mulai dari cara mengatur prioritas keuangan selama pandemi hingga tips berinvestasi dengan aman.