Upaya Kesultanan Palembang lestarikan budaya lokal dapat dukungan

id dultan palembang, politikus dukung kesultanan palembang,Sultan palembang, lestarikan bud

Upaya Kesultanan Palembang  lestarikan budaya lokal dapat dukungan

Sultan SMB IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja memasangkan tanjak kepada politikus Ramlan Holdan (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Kesultanan Palembang Darussalam mendapat dukungan dari berbagai pihak termasuk Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumatera Selatan, Ramlan Holdan, dalam upaya  melestarikan seni dan budaya lokal.

"Seni budaya dan nilai-nilai dari Kesultanan Palembang Darussalam harus diangkat, dijaga dan dibangkitkan kembali agar bisa selalu lestari dan dinikmati generasi muda," kata Ramlan Holdan yang diangkat menjadi anggota keluarga besar Kesultanan Palembang Darussalam (KPD) di Palembang, Senin.

Menurut dia, pihaknya berupa memberikan dukungan politik kepada Kesultanan Palembang Darussalam melestarikan seni dan budaya yang ada di Bumi Sriwijaya itu.

Kegiatan Pekan Seni Budaya Perempuan Palembang Darussalam yang dilakukan pada pekan pertama September 2021 ini perlu didukung digelar secara rutin karena merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan seni budaya Palembang agar tidak hilang tergerus oleh kemajuan zaman dan budaya global.

"Kegiatan positif semacam Ini akan terus kami dukung sehingga generasi muda bisa memahami dan mengerti tentang seni budaya Palembang," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga berupaya mendukung Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M Fauwaz Diradja yang akan membuat film animasi mengenai sejarah Palembang yang akan ditayangkan di televisi lokal.

Dengan adanya film animasi mengangkat seni budaya Palembang, anak-anak di Ibu kota Provinsi Sumsel ini tidak lagi menonton film produksi luar yang mencerminkan budaya asing, ujar Ramlan.

Sementara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja mengatakan, pihaknya mengangkat politikus PKB Sumsel, Ramlan Holdan sebagai anggota Kesultanan Palembang Darussalam (KPD), karena dia sangat peduli dan mendukung kegiatan kesultanan.

Pengangkatan politikus Ramlan Holdan sebagai anggota Kesultanan Palembang Darussalam (KPD) diharapkan dapat memotivasi politikus lain dan pejabat di daerah ini mendukung pelestarian seni budaya warisan KPD," ujar SMB.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021