Gubernur Sumsel sebut seluruh Rumah Sakit di empat kabupaten dan kota terisi 100 persen

id BOR Rumah sakit di sumsel penuh 100 persen, Perawatan pasien covid-19 di Sumsel, Lubuklinggau, Musi Rawas, Musi Banyuasi,covid-19,rumah sakit penuh,ka

Gubernur Sumsel sebut seluruh Rumah Sakit di empat kabupaten dan kota terisi 100 persen

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. ANTARA/M Riezko Bima Elko P

Oleh karena itu setiap kepala daerah diinstruksikan segera menyediakan tempat perawatan untuk menampung pasien COVID-19
Sumatera Selatan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyebut seluruh rumah sakit di empat kabupaten dan kota di daerahnya saat ini dalam kondisi penuh atau terisi 100 persen.

Rumah Sakit di Sumatera Selatan yang merawat pasien COVID-19 sudah 100 persen penuh antara lain rumah sakit AK Gani Palembang, rumah sakit Bhayangkara Mohammad Hasan Palembang, rumah sakit umum daerah Sobirin Musi Rawas dan rumah sakit Siloam Lubuklinggau.

“Oleh karena itu setiap kepala daerah diinstruksikan segera menyediakan tempat perawatan untuk menampung perawatan pasien COVID-19," kata Herman Deru di Palembang, Sabtu.

Berikut juga total rumah sakit yang merawat pasien COVID-19 di Sumsel keterisian tempat tidur telah mencapai 74 persen, masih melebihi jumlah yang ditentukan Kementerian Kesehatan yakni 60 persen.

Baca juga: Sumsel tambah satu "tower" wisma atlet rawat pasien COVID-19
Baca juga: 18 orang pasien COVID-19 dirawat di Hotel Baturaja


Menyadari kondisi tersebut Pemprov Sumsel sudah meminta bantuan pemerintah pusat untuk bisa memfasilitasi tempat perawatan pasien COVID-19 dan untuk yang melakukan isolasi mandiri.

“Khususnya di daerah yang memberlakukan PPKM level 4 yang kesulitan ruang perawatan seperti Kabupaten Musi Rawas, Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Banyuasin,” katanya.

Guna mengurangi jumlah keterisian tersebut Pemprov  Sumsel telah membuka empat tower tambahan yakni dua tower di Wisma Atlet Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, dan dua tower di Asrama Haji Palembang dengan total 1.000 unit kamar.

“Kalau kabupaten kota tidak bisa lagi menampung bisa dirujuk ke sana,” katanya.
Baca juga: Sumsel aktifkan menara Asrama Haji Palembang rawat pasien COVID-19
Baca juga: Pemprov Sumsel manfaatkan asrama haji isolasi OTG