Ribuan kepala keluarga di OKU Timur akan menikmati jargas mulai 2022

id Kepala Keluarga, jaringan gas rumah tangga, kuota jargas, terminal jargas, Bappeda dan Litbang

Ribuan kepala keluarga di OKU Timur akan menikmati  jargas mulai 2022

Ilustrasi jaringan gas rumah tangga (ANTARA/HO/21)

Martapura (ANTARA) - Ribuan Kepala Keluarga di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur , Sumatera Selatan segera menikmati jaringan gas (jargas) rumah tangga dengan harga terjangkau guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Tahap survei oleh tim dari Kementerian ESDM RI dan PT PGN Palembang sudah dilakukan beberapa waktu lalu dan awal tahun 2022 ditargetkan jargas sudah tersambung ke rumah-rumah warga," kata Kepala Beppeda dan Litbang OKU Timur, Marius Markus Firdaus di Martapura, Jumat.

Tahap awal, Kabupaten OKU Timur mendapat kuota sebanyak 3.000 sambungan jargas untuk masyarakat di Kecamatan Belitang.

Sambungan baru jargas rumah tangga ini tersebar di tiga desa meliputi Karang Kemiri, Desa Triyoso dan Desa Sidodadi wilayah Kecamatan Belitang, Kabupaten OKU Timur.

Pemerintah daerah sudah menyiapkan tempat untuk dijadikan terminal sambungan gas rakyat yang tidak jauh dari jaringan induk yaitu di Desa Karang Kemiri.

"Untuk lokasi lahan akan disiapkan Pemkab OKU Timur dan saat ini menunggu petunjuk dan persetujuan Bupati,” ujar dia.

Pembangunan jargas merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membantu memenuhi kebutuhan masyarakat agar lebih mudah mendapat gas rumah tangga yang lebih murah dari elpiji biasa.

"Jargas ini dapat langsung disalurkan ke pipa rumah tangga warga yang sudah terpasang sehingga lebih praktis digunakan. Selain itu, biaya pemasangannya juga gratis karena mendapat subsidi dari pemerintah," ujarnya.

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021