Zarco tegaskan kecepatan Ducati dalam sesi latihan kedua GP Prancis

id motogp,grand prix prancis,balap motor,johann zarco,bugatti,berita sumsel, berita palembang, palembang hari ini

Zarco tegaskan kecepatan Ducati dalam sesi latihan  kedua GP Prancis

Pebalap tim Pramac Racing Johann Zarco (kanan), pebalap Aprilia Aleix Espargaro, dan pebalap tim Suzuki Ecstar Alex Rins menjalani sesi latihan bebas pertama Grand Prix Prancis, Sirkuit Bugatti, Le Mans. (14/5/2021) (ANTARA/AFP/Jean-Francois Monier)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap tuan rumah Johann Zarco menegaskan kecepatan Ducati dalam Sirkuit Bugatti, Le Mans ketika memuncaki catatan waktu sesi latihan bebas kedua Grand Prix Prancis pada Jumat.

Setelah sebagian trek masih basah pada sesi pagi, FP2 berlangsung di atas trek yang sepenuhnya kering.

Zarco mencatatkan waktu terbaik 1:31,747 di menit-menit terakhir demi mengungguli kompatriotnya Fabio Quartararo, yang membalap untuk pertama kalinya setelah menjalani operasi arm pump pada 4 Mei, dengan margin sangat tipis 0,095 detik, demikian laman resmi MotoGP.

Maverick Vinales membayangi rekan satu timnya tersebut di peringkat tiga, terpaut 0,398 detik dari pemuncak sesi.

Tampil menekan di suhu yang rendah, sejumlah pebalap justru terjatuh di trek seperti misalnya Aleix Espargaro dari tim Aprilia dan pemuncak klasemen sementara Francesco Bagnaia dari tim Ducati yang tergelincir di chicane Tikungan 3.

Espargaro bahkan terjatuh dua kali di lokasi yang sama.

Tikungan 3 juga terbukti sulit dijinakkan ketika Quartararo terjatuh di tengah sesi dan Alex Rins yang juga menjadi korban jelang akhir sesi.

Pemuncak sesi latihan pagi Jack Miller tergelincir dari motor Ducatinya di Tikungan 7, sedangkan juara dunia bertahan Joan Mir terjatuh di Tikungan 8.

Marc Marquez melanjutkan penampilannya setelah sembilan bulan absen dari MotoGP. Pebalap tim Repsol Honda itu melebar di Tikungan 8 namun mampu menghindari dirinya terjatuh.

Rookie tim Pramac Racing Jorge Martin masih belum fit pascakecelakaan di Portimao dan kembali digantikan oleh Tito Rabat.

Cuaca diprediksi akan hujan sepanjang akhir pekan di Le Mans, menjadi tantangan tersendiri bagi para pebalap yang ingin mengklaim peringkat sepuluh besar di ketiga sesi latihan akhir pekan ini.

Meski demikian, seluruh pebalap mampu lebih cepat dari catatan waktu mereka di FP1.

Pebalap tim Repsol Honda Pol Espargaro bertahan di P4 sedangkan Franco Morbidelli menyodok ke P5 untuk tim Petronas Yamaha SRT.

Miller melorot ke P7, satu posisi di atas Marquez untuk sementara aman di P8.

Valentino Rossi juga untuk sementara memegang tiket Q2 setelah finis P9 di depan Takaaki Nakagami dari tim LCR Honda.

Duet tim Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir, dan Bagnaia harus berjuang menembus sepuluh besar di FP3 jika ingin lolos langsung ke Q2.




Sepuluh besar catatan kombinasi setelah FP2
1 J. ZARCO 1:31,747
2 F. QUARTARARO +0,095
3 M. VIÑALES +0,389
4 P. ESPARGARO +0,390
5 F. MORBIDELLI +0,532
6 M. OLIVEIRA +0,549
7 J. MILLER +0,614
8 M. MARQUEZ +0,885
9 V. ROSSI +0,922
10 T. NAKAGAMI +0,964