BI Sumsel dorong masyarakat transaksi nontunai menggunakan QRIS

id Bank Indonesia,BI,BI Sumsel,transaksi nontunai,perbankan,mobile banking,bank

BI Sumsel dorong masyarakat transaksi nontunai menggunakan QRIS

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan Hari Widodo. (ANTARA/Dolly Rosana/21)

Palembang (ANTARA) - Bank Indonesia mendorong masyarakat bertransaksi secara nontunai melalui digital banking, uang elektronik, dan QRIS (QR Code IndonesianStandard).

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan Hari Widodo di Palembang, Sabtu, mengatakan, penggunaan digital banking ini juga untuk menjaga kelancaran kegiatan perekonomian masyarakat di tengah upaya penanggulangan pandemi COVIS-19, khususnya pada periode Ramadhan/Idul Fitri 1442 H.

Bank Indonesia telah mengeluarkan kebijakan optimalisasi penggunaan non tunai yang sejalan dengan imbauan pemerintah untuk physical distancing yakni dengan mendorong transaksi pembayaran secara nontunai.

Berdasarkan data sampai dengan Maret 2021, di Sumatera Selatan terdapat 192.931 merchant yang menggunakan QRIS, dengan 95,86 persennya didominasi oleh UMKM.

Bank Indonesia juga mendorong penggunaan QRIS di tempat ibadah sehingga dapat memudahkan masyarakat untuk menyalurkan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS).

“Sampai dengan Maret 2021 ini, sudah terdapat 1.180 masjid yang menggunakan QRIS di Sumsel,” kata Hari.

Sementara itu, Bank Sumsel Babel memperkuat layanan pembayaran nontunai melalui QRIS kepada masyarakat di Kota Palembang.

Direktur Utama Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin mengatakan perusahaan pun telah menjadi salah satu bank pembangunan daerah (BPD) yang memiliki produk QRIS untuk transaksi nasabah.

“QRIS ini sudah dapat dinikmati para nasabah pengguna mobile banking Bank Sumsel Babel,” kata dia.

Syamsudin melanjutkan QRIS merupakan jaringan pembayaran yang menggunakan QR code untuk membantu merchant menerima pembayaran dari semua aplikasi berbasis QR di Indonesia.

Bank Sumsel Babel telah memiliki sistem pembayaran berbasis QR code melalui aplikasi mobile banking Bank Sumsel Babel.

Fitur tersebut diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi nasabah Bank Sumsel Babel.

“Kami berharap, sarana pembayaran ini dapat memudahkan nasabah Bank Sumsel Babel, sehingga dapat menunjang volume bisnis yang dapat meningkatkan pengguna mobile banking,” katanya.

Untuk jangka panjang, kata dia, diharapkan dapat terjadinya purchase intense, khususnya untuk pengguna mobile banking Bank Sumsel Babel.

Upaya sosialisasi dan meningkatkan transaksi QRIS juga dilakukan saat kegiatan Bazar Makanan dan Minuman selama Ramadan. Bazar Ramadan itu berlangsung pada 16 April---06 Mei 2021.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar