KMP Surya 777 tambah kapal penyeberangan Kualatungkal-Batam

id kualatungkal, tanjabbar, tanjung jabung barat,pelabuhan roro,bupati tanjabbar, h anwar sadat

KMP Surya 777 tambah kapal penyeberangan Kualatungkal-Batam

Bupati Tanjabbar H Anwar Sadat saat menjajal ruang kemudi KMP Surya 777 saat uji sandar di Pelabuhan RORO Kualatungkal Kabupaten Tanjabbar. KMP tersebut menambah armada pelayaran Kualatungkal-Batam dengan jadwal pemberangkatan Rabu dan Jumat. (ANTARA/HO/Diskominfo Tanjabbar)

Kualatungkal, Tanjabbar (ANTARA) - KMP Surya 777 menambah armada kapal penyeberangan dari Pelabuhan RORO Kualatungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Provinsi Jambi ke Batam dan sebaliknya menjadi tiga unit.

"Ada penambahan satu kapal lagi dari Kualatungkal ke Batam, kami berharap tambahan kapal ini bisa mendongkrak peningkatan perekonomian Tanjabbar," kata Bupati Tanjabbar H Anwar Sadar di Kualatungkal, Selasa.

Uji coba sandar Kalam Surya 777 dilakukan pada Senin (12/4) di Pelabuhan RORO Kualatungkal Kabupaten Tanjabbar. Kapal RORO tersebut akan melayani rute ke Batam dengan jadwal pelayaran pada setiap hari Rabu dan Jumat.

Dengan demikian, pelayaran di jalur itu semakin diperhitungkan. Sebelumnya dua kapal melayani penyeberangan Kualatungkal-Batam yakni KMP Muria dan KMP Satria Pratama.

Kehadiran KPM Surya 777 menambah armada penyeberangan di pelabuhan RORO tersebut mendapat sambutan dari pemerintah daerah setempat yang terus memfasilitasi optimalisasi dari pelabuhan RORO Kualatungkal.

Kapal terbaru di jalur itu cukup representatif akan melayani angkutan penumpang maupun barang, termasuk kendaraan bermotor.

"Dengan tambahnya satu armada kapal ini saya kira sangat prospek dalam rangka menggenjot ekonomi di Tanjabbar," kata Bupati.

Termasuk membantu untuk membangkitkan ekonomi yang terimbas oleh pandemi COVID-19 melalui peningkatan akses dan jalur distribusi ke daerah pemasaran di Provinsi lain, dalam hal ini Batam Provinsi Kepulauan Kepri.

Kabupaten Tanjung Jabung Barat, kata bupati saat ini bertahan dengan produksi di sektor pertanian dan perikanan.

"Jadi kapal RORO yang baru dioperasikan ini diharapkan bisa dimaksimalkan untuk tidak hanya sekedar angkutan barang, namun juga memberikan motivasi kepada para pelaku pelayaran lainnya," kata H Anwar Sadat yang juga sempat hadir dalam uji coba sandar KMP Surya 777 itu.

Berdasarkan spesifikasi kapal RORO tersebut memiliki kapasitas angkut 260 penumpang dengan spesifikasi kelas bisnis dan kelas ekonomi. Selain itu juga bisa mengangkut kendaraan dan muatan maksimal 12 ton.

Kepada pengelola kapal penyeberangan di Pelabuhan RORO Kualatungkal, Bupati Anwar Sadat meminta agar selalu melakukan fasilitasi pemenuhan protokol kesehatan dalam pelayanan kepada para penumpangnya.

"Di tengah pandemi ini arahan dari pemerintah bagaimana kita dapat melakukan kegiatan tapi tetap mematuhi protokol kesehatan," ujar Bupati Tanjung Jabung Barat itu menambahkan.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar