Balai Penyuluhan Pertanian OKU gelar sosialisasi penggunaan Kartu Tani

id Sosialisasi penggunaan kartu tani, kelompok tani di OKU, bank penerbit, isi saldo kartu, kios yang ditunjuk

Balai Penyuluhan Pertanian  OKU gelar sosialisasi penggunaan Kartu Tani

Ilustrasi Kartu Tani (ANTARA/HO/21)

Baturaja (ANTARA) - Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Lubuk Raja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menggelar sosialisasi penggunaan Kartu Tani agar para petani mengerti cara menggunakan kartu dalam membeli pupuk bersubsidi.

Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Lubuk Raja Ogan Komering Ulu (OKU), Suratno di Baturaja, Jumat, mengatakan sejauh ini sebanyak 1.810 keping Kartu Tani sudah disebar ke kelompok tani (poktan) di wilayah setempat, namun belum banyak petani yang tahu cara menggunakannya.

Oleh sebab itu, Balai Penyuluhan Pertanian Lubuk Raja menggelar sosialisasi penggunaan Kartu Tani agar para petani mengerti cara menggunakannya dalam membeli pupuk bersubsidi di kios yang terdaftar di kecamatan setempat.

"Sosialisasi ini hanya diikuti oleh masing-masing ketua poktan saja untuk diteruskan ke petani," katanya.

Dia menjelaskan cara mengaktifkan Kartu Tani ini yaitu dengan mendatangi bank penerbit seperti BNI, BRI, BTN atau Mandiri, kemudian mengisi saldo untuk digunakan membeli pupuk bersubsidi.

"Setelah diisi saldo, kartu sudah dapat digunakan di kios pupuk yang sudah ditunjuk," kata dia.

Sejauh ini, lanjut dia, sudah terdapat 42 kios pengecer di Kabupaten OKU yang siap melayani pembelian pupuk bersubsidi menggunakan Kartu Tani.

"Puluhan kios yang sudah ditunjuk ini dilengkapi mesin EDC guna menyalurkan pupuk bersubsidi bagi petani," ujarnya.

 

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar