Musi Banyuasin dorong program adopsi pohon ulin

id pohon ulin,pohon langka,pelestarian lingkungan,lingkungan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, pa

Musi Banyuasin dorong program adopsi  pohon ulin

Wakil Bupati Muba Beni Hernedi (kanan) berfoto di depan pohon ulin yang telah diadopsinya. (ANTARA/HO/20)

Palembang (ANTARA) - Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, menjalankan program adopsi pohon Oemak Unglen/ulin (Eusideroxylon zwageri) yang bertujuan melindungi sumber daya hayati yang sudah terancam punah.

Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi di Palembang, Selasa, mengatakan program ini dijalankan Pemkab bekerja sama dengan konsorsium yang terdiri atas Lembaga Gerakan Masyarakat Peduli Lingkungan dan Hutan Musi Banyuasin, Kelompok Tani Hutan Pendape Lestari dan Kesatuan Pengelolaan Hutan Benakat.

“Ini merupakan komitmen pemerintah kabupaten dan masyarakat dalam menjaga kelestarian alam dan kawasan hijau berkelanjutan di Muba,” kata Beni.

Sebagai wujud nyata, Beni mengadopsi satu pohon unglen yang memiliki tinggi 39 meter, diameter 150 cm untuk dijaga dan dilestarikan selama lima tahun atau terhitung dari 2021-2026. “Saya akan mendonasikan biaya secara sukarela untuk pelestarian dan pengawasan pohon unglen ini,” kata dia.

Program adopsi pohon ini untuk merehabilitasi, melindungi kawasan hutan serta menyediakan pendapatan alternatif untuk masyarakat di sekitar Kawasan Hutan Bukit Pendape, Desa Kramat Jaya Dusun Jebang, Kecamatan Sungai Keruh.

Kawasan ini masuk dalam wilayah KPH Benakat yang nantinya juga melibatkan Legmas Pelhut dan KTH Pendape Lestari.

Melalui aksi nyata ini, ia berharap dapat meningkatkan kesadaran serta mendorong publik peduli pada konservasi sumber daya hutan.

Selain itu, yang tak kalah penting bahwa program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan hutan karena ada pelibatan masyarakat untuk pemeliharaannya.

Program Adopsi Pohon di kawasan Bukit Pendape memiliki mekanisme yang mengatur pengelolaan donasi dari adopter.

Donasi akan dikelola konsorsium Legmas Pelhut - KTH Pendape Lestari - KPH Benakat, yang mana dana dari adopter akan digunakan untuk biaya pembibitan, penanaman dan pemeliharaan pohon serta untuk insentif usaha peningkatan ekonomi masyarakat setempat.*

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar