KPU tujuh kabupaten di Sumsel terima 11 berkas bakal pasangan calon

id Pendaftaran pilkada 2020, bakal paslon pilkada 2020, bakal paslon kpu, pilkada oku timur, pilkada pali, pilkada oku,berita sumsel, berita palembang, a

KPU tujuh kabupaten di Sumsel terima  11 berkas bakal pasangan calon

Pilkada serentak 2020 (ANTARA/HO/2020)

Palembang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum di tujuh kabupaten di Sumatera Selatan yang menggelar pilkada serentak tahun ini menerima 11 berkas bakal pasangan calon kepala daerah hingga hari kedua pendaftaran, Sabtu (5/9).

Komisioner KPU Sumsel untuk Divisi Teknis Penyelenggaraan, Hendri Daya, di Palembang, Sabtu, mengatakan terdapat sembilan pasangan maju pilkada melalui jalur partai politik dan dua pasangan melalui jalur perseorangan yang telah diterima pada 4 dan 5 September 2020.

"Berdasarkan laporan yang kami terima semua berkas tidak ada permasalahan dan kemungkinan pada hari terakhir pendaftaran besok masih ada yang akan mendaftar," ujarnya kepada ANTARA melalui telepon.

Sebanyak 11 bakal pasangan calon yang telah diterima tersebut, di Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu, Musi Rawas, Ogan Komering Ulu Selatan, Ogan Komering Ulu Timur, Musi Rawas Utara, dan Penukal Abab Lematang Ilir.

Terdapat dua pasangan yang diterima oleh KPU Penukal Abab Lematang Ilir, yakni Heri Amalindo-Soemarjono (PDIP, Golkar, PKS, NasDem, Gerindra, Perindo, PPP, PBB, PKB) dan Devi Harianto-Darmadi (Demokrat, PAN, Hanura).

KPU Ogan Komering Ulu Timur juga menerima dua pasangan, yakni Lanosin Hamzah-Adi Nugraha Purna Yudha (PKB, Demokrat, NasDem, PKS, Gerindra, Hanura, PPP, PAN, PDIP, Golkar, Perindo) dan Kolonel Ruslan-Herly Sunawan (jalur perseorangan dengan 41.560 dukungan KTP).

KPU Musi Rawas Utara menerima tiga pasangan, yakni Syarif Hidayat-Surian (PBB, Gerindra, PPP, PKS, PAN, Golkar, PKB, Demokrat, Perindo), Devi Suhartoni-Innayatullah (PDIP, NasDem, Hanura) dan Akisropi Ayub-Baikuni Anwar (jalur perseorangan dengan 16.655 dukungan KTP).

Sebanyak empat KPU kabupaten lainnya baru menerima satu pasangan calon, yakni Ogan Komering Ulu pasangan Kuryana Azis-Johan Anuar (PKS, PBB, PAN, Golkar, PKPI, PPP, Gerindra, Demokrat, PKB, PDIP, NasDem).

Ogan Komering Ulu Selatan pasangan Popo Ali-Sholihien (PKB, Gerindra, PDI, Golkar, Nasdem, PKS, Perindo, PPP, PAN, Hanura, Demokrat, PBB), Ogan Ilir pasangan Ilyas Panji Alam-Endang (PDI Perjuangan, Golkar, Hanura, PBB, Partai Berkarya), dan Musi Rawas pasangan Hendra Gunawan-Mulyana (Demokrat, PDIP, Hanura, Nasdem, PKS, PKB, PBB).

"Hingga hari kedua ini proses pendaftaran alhamdulillah berlangsung kondusif, aman, dan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 seperti yang sudah kami minta ke masing-masing KPU," kata Hendra.

Setelah berkas diterima, kata dia, masing-masing KPU segera memverifikasi adminsitrasi persyaratan calon yang diserentakkan dengan tes kesehatan masing-masing pasangan di RSUP Muhammad Hoesin Palembang pada 7-11 September 2020.