Pencabutan red notice Djoko S. Tjandra, Bareskrim periksa tersangka Tommy Sumardi hampir 12 jam

id Awi setiyono,tommy sumardi,djoko tjandra,surat jalan,polisi terima suap,surat jalan palsu,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palem

Pencabutan red notice Djoko S. Tjandra, Bareskrim periksa tersangka Tommy Sumardi hampir 12 jam

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Awi Setiyono (kanan). (ANTARA/ Anita Permata Dewi)

Jakarta (ANTARA) - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri telah memeriksa Tommy Sumardi (TS), tersangka kasus dugaan suap kepada dua jenderal polisi yakni Brigjen Pol Prasetijo Utomo dan Irjen Pol Napoleon Bonaparte selama hampir 12 jam di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono mengatakan tersangka Tommy menepati janji untuk hadir dalam pemeriksaan hari ini. Awalnya, Tommy dijadwalkan untuk diperiksa pada Senin (24/8).

Selain Tommy, penyidik hari ini juga memeriksa tersangka Brigjen Prasetijo dan Irjen Napoleon.

Baca juga: Tiga tersangka suap pencabutan red notice Djoko Tjandra akui terima aliran dana

"Tersangka TS dicecar pertanyaan oleh penyidik kurang lebih 60 pertanyaan. Tersangka PU ditanya sekitar 50 pertanyaan dan tersangka NB dicecar kurang lebih 70 pertanyaan," kata Awi di Bareskrim Polri.

Menurut dia, pertanyaan yang diajukan penyidik kepada tiga tersangka ini tidak jauh berbeda dengan materi yang ditanyakan kepada tersangka Djoko Soegiarto Tjandra dalam pemeriksaan sehari sebelumnya.

"Terkait dengan pertanyaan apa saja yang disampaikan penyidik kepada para tersangka, tentunya tidak jauh berbeda seputar pemberian suap pengurusan pencabutan red notice Djoko S. Tjandra," ujarnya.

Baca juga: Bareskrim jadwalkan periksa Djoko Tjandra soal kasus surat jalan palsu

Usai menjalani pemeriksaan, Tommy dan Napoleon tidak ditahan oleh penyidik karena keduanya bersikap kooperatif selama menjalani pemeriksaan.

"Dari keterangan penyidik, kedua tersangka kooperatif dalam pemeriksaan," tutur Awi.

Baca juga: Bareskrim jadwalkan periksa pejabat Ditjen Imigrasi soal "red notice" Djoko Tjandra

Sementara Prasetijo memang sudah ditahan setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus lain yakni kasus surat jalan palsu Djoko Tjandra.

Sebelumnya, Bareskrim telah menetapkan Djoko Tjandra sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan penghapusan red notice Djoko Tjandra. Selain itu, penyidik juga menetapkan status tersangka kepada Tommy Sumardi, Brigjen Prasetijo Utomo dan Irjen Napoleon Bonaparte.

Baca juga: Polri persilakan Anita Kolopaking ajukan pra peradilan penahanannya terkait surat palsu

Dalam kasus ini, Djoko Tjandra dan Tommy Sumardi diduga berperan sebagai pemberi suap, sedangkan Brigjen Prasetijo dan Irjen Napoleon selaku penerima suap.

Baca juga: Setelah mangkir, Anita Kolopaking dijadwalkan diperiksa Jumat

Baca juga: IPW sayangkan sikap Polri soal buronan Indra Budiman dan Sai Ngo NG
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar