Timnas U-16 ingin hadapi Korut, Korsel, dan Yordania di Piala Asia

id timnas u16,bima sakti,piala asia u16,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jembatan a

Timnas U-16 ingin hadapi Korut, Korsel, dan Yordania di Piala Asia

Para pemain tim nasional U-16 Indonesia menjalani pemusatan latihan (TC) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (6/7/2020). (ANTARA/HO/PSSI)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-16 Bima Sakti mengatakan bahwa skuatnya ingin menghadapi tim-tim seperti Korea Utara, Korea Selatan dan Yordania di laga uji coba internasional.

Dalam pertemuan virtual yang diikuti di Jakarta, Sabtu, Bima menyebut ketiga tim tersebut memiliki karakteristik yang mirip dengan tiga pesaing mereka di Grup D Piala Asia U-16 2020 yaitu China, Jepang dan Arab Saudi.

"Terkait hal itu, saya sudah berkomunikasi dengan Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri. Memang saat ini sulit mengadakan uji coba internasional. Namun saya berharap bulan Oktober atau November 2020 kami bisa ke luar negeri. Bulan September juga kami minta ada pertandingan internasional," ujar Bima dalam pertemuan virtual dengan media, diikuti di Jakarta, Sabtu.

Korea Utara dan Korea Selatan merupakan representasi tim Asia Timur yang secara postur dan permainan mirip dengan Jepang serta China.

Sementara Yordania mewakili tim asal Asia Barat, sama seperti Arab Saudi.

Baca juga: Stadion UNS Surakarta diusulkan jadi lapangan pendukung Piala Dunia U-20

Khusus Yordania, rencana untuk uji coba kemungkinan bisa terwujud. Sebab, Bima mengatakan bahwa direktur teknik federasi sepak bola Yordania sudah menghubungi dirinya secara pribadi.

"Direktur teknik federasi di sana mengirim pesan kepada saya dan bertanya apakah Indonesia sudah aman dari COVID-19. Kalau sudah, mereka mau datang ke sini. Mereka bisa menjadi gambaran bagaimana Arab Saudi," kata juru taktik timnas Indonesia di Piala AFF 2018 itu.

Pandemi COVID-19 telah menjadi ganjalan bagi timnas U-16 untuk melakukan uji coba baik di dalam maupun di luar negeri.

Bima Sakti menyadari hal tersebut. Oleh karena itu, sebagai awal, timnas U-16 akan menjalani pertandingan internal dan uji coba dengan klub-klub lokal di sela TC Bekasi yang berlangsung pada 6-29 Juli 2020.

Uji coba diperlukan agar pemain tidak jenuh dengan menu latihan selama TC. Dan, tentu saja, semua itu dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Kalau uji coba dengan klub lokal jadi, tim lawan harus menjalani pengujian COVID-19," ujar Bima.

TC timnas U-16 yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada 6-29 Juli 2020, diikuti oleh 26 pemain.

Di Piala Asia U-16 2020 yang bergulir pada 25 November-12 Desember 2020 di Bahrain, timnas U-16 Indonesia bergabung di Grup D bersama Arab Saudi, China dan juara bertahan, Jepang.

Indonesia akan menghadapi Arab Saudi di laga perdana Grup D pada Jumat (27/11), kemudian melawan China pada Senin (30/11) dan Jepang pada Kamis (3/12).

Baca juga: PHRI Sumsel dorong hotel persiapan tuan rumah Piala Dunia U-20

Baca juga: Renovasi Gelora Sriwijaya Jakabaring dan lima stadion lainnya untuk Piala Dunia U-20 dimulai Agustus


 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar