Kabupaten OKI salurkan BLT untuk 34.408 keluarga terdampak pandemi

id BLT dana desa,BLT Ogan Komering Ilir,bantuan langsung tunai

Kabupaten OKI salurkan BLT  untuk 34.408 keluarga terdampak pandemi

Petugas menyampaikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari dana desa ke rumah warga di Kabupaten Ogan Komering Ilir. (ANTARA/HO Pemkab OKI)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa kepada 34.408 keluarga di 314 desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Ogan Komering Ilir Nursula di Kayuagung, Minggu, mengatakan bantuan tersebut diprioritaskan kepada keluarga yang kondisi perekonomiannya terdampak wabah akibat virus corona penyebab COVID-19.

“Setiap keluarga mendapatkan bantuan Rp600 per bulan, bantuan ini akan diberikan selama tiga bulan yakni dari April hingga Juni,” kata dia.

Penggunaan dana desa untuk BLT bagi warga terdampak COVID-19 dilakukan berdasarkan keputusan pemerintah pusat.

Penggunaan dana desa yang masuk ke rekening Pemerintahan Desa untuk memberikan BLT kepada warga terdampak COVID-19 dilakukan sesuai keputusan Musyawarah Desa yang dituangkan dalam Peraturan Kepala Desa dan disahkan oleh camat setempat.

Pemerintah desa memberdayakan relawan untuk mendata warga yang dinilai layak menerima bantuan, termasuk di antaranya warga yang kehilangan mata pencaharian, mengidap penyakit menahun /kronis, belum mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah, dan belum masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

BLT dari dana desa antara lain sudah disalurkan di wilayah Kecamatan Lempuing Jaya. Di wilayah itu, bantuan disampaikan ke rumah-rumah warga dengan bantuan aparat TNI dan Polri.

“Kondisi saat ini masyarakat sangat membutuhkan bantuan. Kinerja kepala desa yang telah menyalurkan bantuan ini patut diapresiasi karena mengedepankan prinsip kehati-hatian,” kata Nursula.

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar