Tiga kasus positif COVID-19 di Sumsel ternyata punya riwayat perjalanan dari Jakarta

id odp sumsel kasus positif sumsel, daerah terinfeksi, transmisi lokal COVID-19, pdp sumsel, rsmh palembang,positif covid-1,berita sumsel, berita palemba

Tiga kasus positif COVID-19 di Sumsel ternyata punya riwayat  perjalanan dari Jakarta

Ruang isolasi RSMH Palembang (ANTARA FOTO/Fenny Selly/20)

.... Kasus terbaru positif COVID-19 menginfeksi seorang warga Kabupaten Ogan Komering Ulu, HS (62) yang diketahui baru pulang dari Jakarta dan Bogor....
Palembang (ANTARA) - Tiga kasus positif COVID-19 di Sumatera Selatan ternyata punya riwayat perjalanan dari Jakarta, sehingga daerah ini masih dalam berstatus terjangkit karena belum ada penularan transmisi lokal.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumsel, Prof. Yuwono,  di Palembang, Selasa, mengatakan, kasus terbaru positif COVID-19 menginfeksi seorang warga Kabupaten Ogan Komering Ulu, HS (62) yang diketahui baru pulang dari Jakarta dan Bogor.

"Kasus impor alias didapat dirantau," ujar Prof. Yuwono lewat keterangan tertulisnya di Palembang.

Baca juga: Dekan FKUI ini sebut mengurangi konsumsi gula dapat meningkatkan imun tubuh

Sebelumnya kasus pertama COVID-19 menginfeksi seorang warga Palembang, JS (54) yang diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta, lalu kasus kedua menginfeksi E (54) seorang tenaga medis di Kota Prabumulih diketahui memiliki riwayat dari Jakarta dan Batam.

Namun,  keduanya dinyatakan positif COVID-19 satu hari setelah meninggal dengan waktu berdekatan di Rumah Sakit Umum Pusat Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang pada 23 Maret 2020.

Sedangkan HS (62) dinyatakan positif COVID-19 pada 30 Maret 2020 berdasarkan hasil pemeriksaan Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang saat ini mendapat perawatan di ruang isolasi RSMH Palembang, HS tidak mengalami sesak napas tetapi masih dipasang infus.

Baca juga: Psikolog: Berpikir sehat dan hindari kecemasan melawan corona

Pihaknya telah melacak keberadaan keluarga dan orang yang kemungkinan berkontak dengan HS pasca pulang ke Palembang untuk diisolasi mandiri sebagai antisipasi penularan semakin meluas.

Sementara data terbaru Gugus Tugas Sumsel 30 Maret 2020 menyebut masih ada 758 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 24 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dirawat di beberapa rumah sakit.

Baca juga: Pakar: Jangan terapkan darurat sipil untuk kendalikan COVID-19
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar