David Moyes ingin ulangi kesuksesannya di Everton bersama West Ham

id david moyes,west ham,liga inggris,everton,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

David Moyes ingin ulangi kesuksesannya di Everton bersama West Ham

Ekspresi kecewa manajer West Ham United David Moyes setelah kalah dari Sheffield United dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Bramall Lane, Sheffield, Inggris, Jumat (10/1/2020). (ANTARA/REUTERS/Lee Smith)

Jakarta (ANTARA) - Manajer West Ham United David Moyes menegaskan ia ingin mengulangi kesuksesan yang sempat dirasakannya di Everton dan melakukan hal serupa di London.

"Saya menghabiskan 11 tahun lebih yang luar biasa di sana. Kami melakukan banyak hal hebat di Everton, tapi sekarang saatnya fokus ke West Ham," katanya dilansir laman resmi West Ham, Kamis malam.

"Dalam banyak hal, saya ingin West Ham melakukan hal serupa, menantang enam atau tujuh besar secara reguler dan tampil di Eropa," ujarnya menambahkan.

"Saya pikir ada kesamaan antara kedua klub ini, jadi rasanya tidak ada alasan West Ham tidak mencapai hal serupa," katanya lagi.

Baca juga: Tiga manajer seperti Moyes yang latih lagi klub yang sama

Meski menyebut tenornya di Everton sebagai sebuah kesuksesan, selama berada di Goodison Park sejak Maret 2002 s.d. Juni 2013 Moyes tak sekalipun meraih gelar juara apapun.

Capaian terbaiknya hanyalah mencapai semifinal Piala Liga Inggris pada 2007/08 serta memperoleh tiket babak kualifikasi ketiga Liga Champions 2005/06 tetapi gagal ke putaran final dan langsung terhenti di babak pertama kompetisi kasta kedua Piala UEFA (kini Liga Europa) musim yang sama.

Kendati demikian, Moyes punya raihan individual yang cukup positif ketika ia tiga kali dinobatkan sebagai Pelatih Terbaik dari asosiasi manajer Inggris (LMA) untuk musim 2002/03, 2004/05 dan 2008/09.


Butuh waktu

Menurut Moyes, waktu adalah sesuatu yang paling mewah dan sulit didapatkan setiap manajer atau pelatih sepak bola.

Dan Moyes menegaskan untuk bisa menduplikasi apa yang dicapainya di Everton ia membutuhkan waktu yang cukup serta kesempatan membangun skuat yang bisa menyokong rencana jangka panjangnya.

Baca juga: David Moyes akan buat West Ham tak bisa ke lain hati

"Saya butuh waktu untuk menerjemahkan desain, mendatangkan pemain dan kesempatan untuk mereka agar siap mengimplemetansikan rencana saya," ujarnya.

"Saya harap punya kesempatan untuk melakukan hal yang sama di West Ham untuk tahun-tahun ke depan," pungkas Moyes.

Moyes memulai tenor keduanya melatih West Ham dengan dua kemenangan di Liga Inggris dan Piala FA, tapi bulan madu itu berlangsung singkat sebab The Hammers kalah di kandang Sheffield United sepekan lalu.

Moyes tentu ingin menuntun West Ham kembali ke jalur kemenangan saat menjamu Everton di Stadion Olimpiade London untuk laga pekan ke-23 Liga Inggris pada Sabtu (18/1) besok.

Baca juga: Moyes mengundurkan diri sebagai Manajer Sunderland
Baca juga: David Moyes puji Wayne Rooney