Blok Mahakam gunakan fluida untuk genjot produksi

id Pertamina,Blok Mahakam,Algeria,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Blok Mahakam gunakan  fluida untuk genjot produksi

Direktur Pemasaran Korporat Pertamina Basuki Trikora Putra memberikan sambutan pada acara pengiriman perdana Smooth Fluid (SF)-05 di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (23/10/2019). Setelah sukses mengirimkan fluida pengeboran SF-05 untuk digunakan di Algeria, kini Pertamina mengirimkan SF-05 yang akan digunakan di Blok Mahakam, Kalimantan. Sebanyak 700 KL SF-05 mulai dikirimkan untuk membantu proses pengeboran di Blok Mahakam sehingga produksi menjadi lebih maksimal. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww

Jakarta (ANTARA) - Pertamina mengirimkan Smooth Fluid (SF)-05 yang akan digunakan di Blok Mahakam, Kalimantan untuk membantu proses pengeboran sehingga produksi menjadi lebih maksimal.

"Penggunaan SF-05 ini merupakan sinergi bisnis antara Direktorat Pemasaran Korporat, RU V Balikpapan dan Pertamina Hulu Mahakam (PHM) sebagai pengelola Blok Mahakam serta telah mendapat persetujuan SKK Migas baik secara teknis maupun komersial," ujar Direktur Pemasaran Korporat Pertamina Basuki Trikora Putra dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Penggunaan produk SF-05 juga didukung penuh oleh SKK Migas.

Widi Santuso, selaku Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai Analisis Biaya SKK Migas menyampaikan SKK Migas dan KKKS mendukung program pemerintah dalam penggunaan produk dalam negeri dalam hal ini adalah produk dari Pertamina.

Penggunaan produk dalam negeri diharapkan dapat mendukung kegiatan optimasi produksi di kegiatan hulu migas dan sekaligus menciptakan penghematan biaya operasi dengan tetap melaksanakan kegiatan operasi sesuai dengan kaidah keteknikan yang baik serta aman.

"Peningkatan penggunaan produk dalam negeri menciptakan multiplier effect bagi perekonomian nasional dan juga daerah operasi kegiatan usaha hulu migas. Hasil uji coba produk SF ini diharapkan menunjukkan kinerja yang baik, sehingga dapat menjadi pengganti bagi produk sejenis dari luar negeri yang masih digunakan saat ini," ujar Widi.

SF-05 merupakan fluida pengeboran berbasis treated-oil (Synthetic oil-based mud) yang digunakan untuk meningkatkan kinerja aktivitas pengeboran minyak di Blok Mahakam. SF-05 telah memenuhi standar kualitas, baik yang ditetapkan SKK Migas maupun PHM.

SF-05 yang diproduksi RU V Balikpapan telah pula berstandar internasional, sehingga beberapa waktu lalu telah diekspor ke Algeria. SF-05 memiliki keunggulan ramah lingkungan karena kandungan aromatik rendah, aman digunakan, menghemat pemakaian aditif lainnya, serta kompatibel dengan berbagai kondisi pengeboran.

SF-05 akan digunakan pada 5 sumur di Blok Mahakam yang dibor pada periode Oktober 2019 hingga Februari 2020. Total kebutuhan SF-05 mencapai 1.500 KL, yang akan dikirimkan dalam tiga tahap, 700 KL pada tahap perdana, kemudian 400 KL pada pertengahan November 2019, dan terakhir sebanyak 400 KL pada Desember 2019.