Senator termuda ajak masyarakat Ogan Komering Ilir kawal DOB

id Senator Muda, Jialyka Maharani,Pantai Timur Ogan Komering Ilir,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, pale

Senator termuda ajak masyarakat Ogan  Komering Ilir kawal DOB

Anggota DPD termuda Jialyka Maharani menjadi pimpinan DPR sementara saat pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, (1/10/2019). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/pd)

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Jialyka Maharani, mengajak masyarakat wilayah Pantai Timur, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengawal proses pemekaran wilayahnya untuk menjadi daerah otonom baru (DOB).

"Sejauh ini, berkas dan persyaratan pengajuan DOB untuk Pantai Timur sudah masuk, dan masuk dalam kategori 65 calon DOB yang telah mendapat Surat Presiden Nomor R-66/Pres/12/2013. Mari kita kawal bersama demi kemajuan daerah kita," ujar Senator berusia 22 tahun tersebut usai mengikuti rapat pleno Komite I DPD RI di Jakarta, Senin.



Menurut Senator yang mewakili Provinsi Sumatera Selatan itu, tujuan utama pemekaran wilayah ada tiga, yaitu pertama, untuk mempercepat proses pembangunan daerah, kedua, mendekatkan pelayanan kepada masyarakat serta ketiga, memperpendek rentang kendali antara masyarakat dengan pemerintah daerah.

"Tidak sedikit daerah hasil pemekaran justru semakin maju setelah menjadi DOB, misalnya, Kota Pagaralam yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Lahat, Kota Prabumulih yang hasil pemekaran dari Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Ogan Ilir yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten OKI, dan masih banyak daerah-daerah lainnya," tutur Jialyka.

Lebih lanjut, putri sulung Bupati Ogan Ilir, Ilyas Panji, itu menjelaskan bahwa Kawasan Pantai Timur, Kabupaten Ogan Komering Ilir memiliki potensi besar untuk dikembangkan.



Menurut Jialyka, Kondisi Pantai Timur yang merupakan kawasan perairan dapat dimanfaatkan sebagai potensi wisata yang menjanjikan, apabila dikelola dengan sungguh-sungguh.

Selain akan menjadi kawasan wisata, wilayah Pantai Timur ini juga akan berpotensi menjadi pusat industri kreatif.

Jialyka mengatakan ia akan terus memperjuangkan pemekaran wilayah Pantai Timur OKI, demi tercapainya percepatan pembangunan di daerah tersebut.