Miniatur tugu Khatulistiwa tampil memukau di festival kapal hias

id bkkbn,harganas,bkkbn kalbar,Festival kapal hias

Miniatur tugu Khatulistiwa tampil memukau di festival kapal hias

Kontingen Kalbar menampilkan minuatur Tugu Khatulistiwa dan pakaian adat Dayak di Festival Kapal Hias menelusuri sungai dalam rangka Harganas ke XXVI di Sungai Martapura Banjarmasin Kalsel. (Slamet Ardiansyah)

Banjarmasin (ANTARA) - Kontingen BKKBN Kalbar tampilkan ikon berupa miniatur Tugu Khatulistiwa pada peringatan tingkat nasional Harganas ke XXVI 2019 yang digelar dalam Festival Kapal Hias Menelusuri Sungai di Banjarmasin, Kalsel.

Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Kusmana di Banjarmasin, Kamis, mengatakan, bahwa Kalbar miliki Tugu Khatulistiwa atau Equator monument yang berdiri megah di garis lintas 0 derajat yang melintas persis di atas Kota Pontianak.

"Kami mengikuti berbagai rangkaian acara, salah satunya adalah mengikuti festival perahu hias menelusuri sungai. Di sini kami menampilkan miniatur Tugu Khatulistiwa, penampilan pakaian adat Dayat oleh Duta GenRe Kalbar dan seni budaya bermuatan lokal Kalbar," katanya.

Ia mengatakan, Kalbar pada khususnya adalah suatu wilayah yang mempunyai karakteristik tersendiri, terutama bentangan sungai yang luas dan terpanjang di Indonesia, yaitu Sungai Kapuas.

"Melalui penampilan seni budaya dan potensi wisata seperti Tugu Khatulistiwa dan keindahan panorama Sungai Kapuas. Kami menjadikan ini sebagai media sosialisasi pentingnya membangun keluarga yang berkualitas khususnya bagi masyarakat Kalbar," katanya.

Menurut dia keluarga yang berkualitas itu merupakan suatu tujuan yang ingin di capai melalui program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dari BKKBN. "Sebab itu isu-isu yang dititipkan kepada masyarakat supaya masuk dalam kehidupan keluarga dengan cara kami mengangkat budaya-budaya lokal itu," katanya.

Sementara itu Kabid KSPK BKKBN Kalbar Aulia A Arief menambahkan secara keseluruhan, pesan-pesan yang ingin disampaikan pada penampilan kapal hias Kalbar, yaitu pesan remaja yaitu Kawin Muda Sepok, kemudian menurunkan angka kelahiran pada wanita usia dini. Selain itu Kalbar juga melakukan gelar dagang dan memperkenalkan produk-produk unggulan dari Kalbar di stand pameran.

"Ini kesempatan baik yang bisa menjadi corong dalam mempromosikan dan memperkenalkan kebudayaan dan produk unggulan Kalbar termasuk pesan-pesan pembangunan keluarga berencana juga kami tampilkan. Untuk tahun ini kontingen BKKBN Kalbar menurunkan 115 orang melibatkan semua bidang BKKBN Kalbar," katanya.


 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar