SMPN 1 SDL Muara Enim terbaik tingkat nasional di Harganas 2024

id Sumsel, Muara enim,bkkbn, harganas 2024

SMPN 1 SDL Muara Enim terbaik tingkat nasional di Harganas 2024

Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Gembira SMP Negeri 1 Semende Darat Laut (SDL) berhasil meraih Juara 2 tingkat nasional sebagai PIK-R Percontohan untuk segmentasi berani usia 10-14 tahun pada Genre Award 2024 yang digelar BKKBN. (ANTARA/HO/DiskominfoI

Semarang (ANTARA) - Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Gembira SMP Negeri 1 Semende Darat Laut (SDL) berhasil meraih Juara 2 tingkat nasional sebagai PIK-R Percontohan untuk segmentasi berani usia 10-14 tahun pada Genre Award 2024 yang digelar BKKBN.

Penghargaan berupa piagam dan tropi diserahkan oleh Direktur Bina Ketahanan Remaja BKKBN, Dr Edi Setiawan kepada SMP Negeri 1 SDL pada puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 Tahun 2024 di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (29/06).

Pj Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali, didampingi Pj Ketua TP PKK yang hadir pada kegiatan tersebut turut bangga dan mengapresiasi atas prestasi yang diraih.
.
Pj Bupati menyampaikan prestasi yang diraih merupakan pencapaian luar biasa sehingga berharap prestasi ini dapat memotivasi SMP maupun SMA lainnya di Kabupaten Muara Enim agar lebih memaksimalkan kegiatan dan peran kelompok belajar, pelayanan informasi maupun konseling kesehatan reproduksi para remaja ini.

Ia menilai PIK-R sangat penting sebagai mitra dalam menjangkau segmentasi remaja untuk menekan kasus stunting dan menciptakan keluarga yang berkualitas dimulai dari usia dini.

Sementara itu Kadin Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Muara Enim, H Rinaldo, menjelaskan bahwa pencapaian ini telah melalui tahapan seleksi dan verifikasi lapangan secara berjenjang, baik di tingkat kabupaten maupun provinsi oleh BKKBN Sumsel sehingga lolos seleksi tingkat nasional dan berhasil meraih peringkat ke-2 di Indonesia.

Dijelaskan pula bahwa keunggulan PIK-R SMP Negeri 1 SDL ini selain konsisten dalam kegiatan rutin dan administrasi yang baik, kelompok inipun aktif membantu kegiatan intervensi stunting melalui penyosialisasian risiko kesehatan reproduksi remaja, menghindari seks pranikah dan menjauhi narkotika.