BUMN Hadir: PT Angkasa Pura jadikan Bandara SMB II "Smart Airport"

id Angkasa pura,Bandara smb 2

BUMN Hadir: PT Angkasa Pura jadikan Bandara SMB II "Smart Airport"

Tim Angkasa Pura II memakai kostum maskot Asian Games melakukan 'flashmob' merayakan HUT Angkasa Pura II ke 34 tahun di Bandara SMB II Palembang, Senin (13/8). (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Menginjak usia 34 tahun PT Angkasa Pura II Palembang ingin menjadikan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II menjadi "Smart Airport" untuk memudahkan penumpang dalam mendapatkan pelayanan. 

"Pertambahan usia PT Angkasa Pura II, kami ingin menyajikan pelayanan digital dan menjadikannya smart airport," ujar Eksekutif General Manager PT AP II Palembang, Bayuh Iswantoro, pada perayaan HUT PT AP II, Senin.

Dia menerangkan,  digitilisasi yang mulai masuk "fase new revenue stream"  di AP II dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan meningkatkan efisiensi operasi. 

Konsep ini juga menyentuh layanan e-boarding pass bagi maskapai-maskapai yang beroperasi di Bandara AP II.

"Nantinya pemilik tiket bisa mendapatkan e-boarding pass di smartphone melalui aplikasi Indonesia Airports yang dikelola oleh AP II," jelas Bayuh. 

Selain itu, konsep Smart Airport yang diusung AP II juga akan memudahkan atau memberikan lebih banyak pilihan transportasi darat bagi penumpang pesawat. 

Lanjut dia, pengembangan digitalisasi di bandara-bandara AP II mengikuti pengembangan yang dilakukan perusahaan secara fisik baik itu di sisi udara seperti perluasan apron, pengembangan runway, taxiway, pembangunan terminal dan fasilitas pendukung lainnya.

Sebagai perayaan HUT AP II,  Bandara SMB II membagikan coklat kepada penumpang, potong tumpeng bersama perwakilan maskapai dan serta karyawan PT AP II.