Dinas Pariwisata ajak masyarakat siapkan "Homestay"

id pariwisata,homestay,objek wisata,wisatawan,asian games,hotel,penginapan

Dokumen - Fasilitas Kost (ANTARA News Sumsel/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan mengajak masyarakat Kota Palembang yang akan menjadi tuan rumah Asian Games XVIII menyiapkan rumah tempat tinggal atau "homestay" bagi wisatawan atau tamu pendamping atlet di luar rombongan resmi.

"Khusus atlet sudah disiapkan tempat menginapnya, namun bagi pendampingnya di luar jumlah yang ditentukan dan wisatawan yang berkunjung ke Palembang saat berlangsungnya Asian Games 18 Agustus - 2 September 2018 harus mencari tempat sendiri," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan Irene Camelyn, di Palembang, Jumat.

Untuk membantu pendamping atlet dan wisatawan dari berbagai negara kawasan Asia dan kawasan lainnya yang tidak disediakan tempat menginap dan kesulitan mendapatkan kamar hotel ketika berkunjung ke Palembang, pihaknya telah mengajak warga kota setempat menyiapkan "homestay" atau tempat menginap alternatif di rumah-rumah penduduk.

Bagi tamu dan wisatawan yang akan berkunjung ke Ibu kota Provinsi Sumsel itu, jangan takut tidak mendapatkan tempat tinggal, silakan datang karena sudah ada puluhan "homestay" yang siap menampung.

Jika para tamu dan wisatawan tidak dapat kamar hotel, bisa menghubungi pihaknya untuk menggunakan "homestay" yang sewaktu-waktu siap menerima mereka dengan biaya jasa penginapan yang terjangkau atau bisa dirundingkan dengan pemilik rumah untuk pengganti biaya kebersihan, penggunaan air bersih  dan energi listrik, katanya.

Dia menjelaskan untuk mendukung Kota Palembang menjadi tuan rumah Asian Games XVIII bersama DKI Jakarta, pihaknya sejak setahun terakhir telah melakukan berbagai persiapan sesuai dengan bidang tugas instansinya.

Khusus di bidang akomodasi pariwisata, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel untuk menambah jumlah kamar dan pembangunan hotel baru.

Menghadapi pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu, puluhan hotel berbintang telah melakukan pengembangan untuk menambah jumlah kamar dan ada pembangunan beberapa hotel baru yang kini sudah selesai dan siap beroperasi melayani rombongan atlet dan wisatawan yang sengaja datang untuk melihat pertandingan.

Berdasarkan data dari PHRI Sumsel, untuk melayani tamu yang berkunjung ke Palembang selama Asian Games disiapkan sekitar 10.000 kamar hotel.

Kamar hotel tersebut sebagian besar saat ini telah dipesan oleh wisatawan dan rombongan  atlet dari berbagai negara peserta Asian Games XVIII.

Melihat kondisi banyaknya kamar hotel telah dipesan, pihaknya berupaya melakukan antisipasi kekurangan kamar untuk tempat  menginap tamu dan wisatawan dengan menyiapkan puluhan "homestay" sehingga diharapkan tidak ada tamu yang terlantar dan merasa kecewa tidak bisa tinggal di Palembang menikmati semarak Asian Games, ujar Irene.

    


   
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar