Kendala air, sulit padamkan kebakaran lahan gambut Pemulutan

id karhutla,kebakaran lahan,lahan gambut,gambut,kebakaran pemulutan,sulit padamkan karhutla,kendala air padamkan karhutla

Kendala air, sulit padamkan kebakaran lahan gambut Pemulutan

Kebakaran lahan gambut di kawasan desa Ibul Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Sabtu (28/7) sore. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/I016/18)

....Beberapa sudah kita padamkan kemudian tiba-tiba hidup kembali....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Minimnya sumber air di lokasi membuat petugas mengalami kesulitan memadamkan api yang membakar lahan gambut  di kawasan desa Ibul Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Sabtu sore.

"Dampak musim kemarau dan minimnya air  membuat kami terpaksa menggunakan cara manual untuk mematikan api," ungkap Hendri salah satu tim Manggala Agni di sela upaya pemadaman api.

Menurut dia sifat api di tanah gambut membuat api tidak bisa dipadamkan dengan mudah.

"Beberapa sudah kita padamkan kemudian tiba-tiba hidup kembali," ujarnya.

Meskipun demikian tim Manggala Agni dibantu TNI dan Polres Ogan Ilir mengupayakan api jangan sampai merambat ke pemukiman warga.
Petugas Tim Manggala Agni memadamkan api yang membakar kawasan lahan gambut di Desa Ibul Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Sabtu (28/7) sore. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/I016/18)

Api sendiri diketahui muncul sekitar pukul 14.00 WIB. Pemadaman juga dilakukan dengan menggunakan bom air atau "water bombing". Namun water bombing hanya mampu menyirami lahan hingga pukul 17.00 WIB.

Pantauan Antara tim Manggala Agni, Polri dan TNI bersiaga memadamkan di sejumlah titik hingga gelap, sementara kebakaran masih berlangsung di bagian tengah lahan.

Lahan terbakar diperkirakan seluas tiga hektare ini diketahui milik warga bernama Idrus.

"Saat ini kebakaran ini sedang dalam pengusutan, pihak kami telah memanggil kepala desa dan pemilik lahan,"  ungkap Kapolsek Pemulutan Ogan Ilir AKP Zaldi yang juga tengah bertugas di lapangan.
Petugas Tim Manggala Agni berusaha memadamkan api yang membakar kawasan lahan gambut di Desa Ibul Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Sabtu (28/7) sore. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/I016/18)