Walhi Sumsel ajak semua pihak lindungi hutan

id walhi,hutan,berita sumsel,berita palembang,berita antara,kelestarian hutan,hutan indonesia,Hairul Sobri

Walhi Sumsel ajak semua pihak lindungi hutan

Hutan. (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Aktivis Wahana Lingkungan Hidup Indonesia Sumatera Selatan mengajak semua pihak dan lapisan masyarakat untuk melindungi hutan dari kerusakan yang diakibatkan faktor alam dan ulah manusia.

"Hutan di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini luasnya mencapai 3,5 juta hektare. Hutan tersebut sangat rawan mengalami kerusakan sehingga memerlukan kepedulian dari semua pihak dan lapisan masyarakat untuk melindunginya," kata Direktur Eksekutif Walhi Sumsel Hairul Sobri, di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan, kerusakan hutan di Sumsel seperti terbakar pada musim kemarau, pencurian kayu/penebangan liar, pertambangan, dan perkebunan, sehingga diperlukan perhatian bersama-sama melakukan upaya perlindungan dari ancaman kerusakan itu agar tidak semakin parah.

Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan dan pendataan aktivis lingkungan, setiap tahunnya terdapat ribuan hektare hutan di provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu mengalami kerusakan.

Kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan berlangsung karena bisa mengakibatkan kerusakan hutan yang semakin parah dan pada akhirnya bisa menyebabkan kepunahan dan menimbulkan berbagai bencana ekologi, katanya.

Menurut dia, untuk menghentikan kerusakan hutan di wilayah provinsi ini, diperlukan peran serta semua pihak dan lapisan masyarakat mencegah kegiatan untuk kepentingan apapun di kawasan hutan.

Selain itu dibutuhkan tindakan tegas aparat kepolisian dan aparat berwenang lain seperti dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Dinas Kehutan masing-masing daerah terhadap siapapun yang melakukan perusakan hutan, kata Hairul.