Kemampuan ICT munculkan belajar berorientasi aktivitas

id UIN,prodi matematika,ICT,ICT guru

Kemampuan ICT munculkan belajar berorientasi aktivitas

Program Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang melatih kemampuan Information and Communication Technology (ICT) guru sekolah dan dosen beberapa perguruan tinggi di Palembang.  (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Program Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang melatih kemampuan Information and Communication Technology (ICT) guru sekolah dan dosen beberapa perguruan tinggi di Palembang. 

"Dalam era pendidikan yang sudah maju sekarang, guru dan dosen dituntut untuk menguasai kemampuan ICT agar timbul suasana pembelajaran yang berorientasi aktivitas siswa serta mahasiswa," kata Ketua Prodi Matematika UIN Raden Fatah Palembang Dr. Hartatiana saat membuka pelatihan di Palembang.

Menurutnya pelatihan tersebut guna menyempurnakan kompetensi yang telah dimiliki para dosen dan guru sebelumnya, karena seorang dosen, guru, dan calon guru harus memiliki kemampuan media pembelajaran yang mumpuni di bidang ICT, seperti penggunaan media pembelajaran Macromedia flash. 

Ia memandang media pembelajaran Macromedia Flash sangat sesuai digunakan guru atau dosen pelajaran eksak dan dalam pelatihan tersebut ia mencoba serta melihat progress  bagaimana animasi bisa digunakan sebagai media pembelajaran dalam konteks masalah-masalah di level Anak Usia Dini.

Penggunaan Macromedia Flash mampu menyasar pada pemahaman siswa menjelaskan kondisi terdetail karenakan Macromedia Flash menghadirkan animasi gerak serta berorientasi tiga dimensi, sehingga memberi pemahaman yang lebih dalam kondisi pembelajaran didalam kelas. 

"Yang terpenting dalam proses pelatihan ini adanya kolaborasi antara siswa, mahasiswa guru dan dosen dalam bertukar pikiran, sebab di akhir pelatihan mereka harus memiliki produk media desain individu masing-masing," ujarnya.

Ia menambahkan kegiatan ini diikuti calon guru, guru SD, SMP,  SMA, dosen dan mahasiswa dari program studi pendidikan matematika Universitas PGRI Palembang, Universitas Muhammadiyah, Universitas Sjakhyakirti, serta Universitas Taman Siswa 24-25 Mei di Gedung Dekanat. 

Sementara Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang Dr. Dewi Warna mengatakan kegiatan tersebut dapat berlangsung kontinyu sehingga semua mahasiswa pendidikan matematika mendapatkan kesempatan yang sama untuk dilatih.