PDIP umumkan Dodi-Giri bersama 16 pasangan cagub-cawagub lainnya

id dodi reza,Giri Ramanda Kiemas,cagub pdi perjuangan,calon gubernur sumsel,berita sumsel,berita palembang,pilkada sumsel

Bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel Dodi Reza Alex Noerdin (ketiga kiri) dan Giri Ramanda Kiemas (ketiga kanan) berjabat tangan usai menerima berkas rekomendasi dukungan. (ANTARA/Sigid Kurniawan/Lmo/aww/18)

Jakarta (Antaranews Sumsel) - PDI Perjuangan telah mengumumkan seluruh 17 pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur (cagub-cawagub) yang diusung partai tersebut pada pilkada serentak 2018.
   
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan hal itu di kantor DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta, Minggu.

Menurut Hasto Kristiyanto, dari 17 pasangan cagub-cawagub tersebut, kader PDI Perjuangan diusung sebagai cagub di delapan daerah serta sebagai cawagub di sembilan daerah.

"Tidak di semua daerah PDI Perjuangan dapat mengusung sendiri pasangan cagub-cawagub sehingga kami berkoalisi dengan parpol lainnya," katanya.

Hasto menjelaskan, kader PDI Perjuangan yang diusung sebagai cagub, di Sumatera Utara, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku Utara.

Kemudian, kader yang diusung sebagai cawagub antara lain, di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Utara.

Namun, dari 17 provinsi tersebut, calon wakil gubernur Jawa Timur Abdullah Azwar Anas telah mengembalikan mandatnya kepada PDI Perjuangan, di Jakarta, Sabtu.

Menurut Hasto, terhadap cawagub Jawa Timur ini, PDI Perjuangan belum membuat keputusan, karena masih waktu dua hari untuk membuat pertimbangan.

Kemudian, cawagub Kalimantan Timur belum diumumkan.

Menurut Hasto, untuk pilkada Kalimantan Timur, PDI Perjuangan masih melakukan pembicaraan dengan satu partai politik lagi.

Pasangan cagub-cawagub, mauapun pasangan cabup-cawabup serta cawalkot-cawawalkot, akan mendaftar di KPU di daerah masing-masing, pada 8-10 Januari 2017.

Pilkada serentak tahun 2018 akan diselenggarakan di 171 daerah, meliputi, 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten.
(T.R024/N. Yuliastuti)

Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar