Jalinsum kawasan Pematangsiantar-Simalungun perlu perbaikan

id jalan lintas sumatera, Pematangsiantar, Simalungun, perbaikan jalan, ekstra hati-hati, kecelakaan,

Jalinsum kawasan Pematangsiantar-Simalungun perlu perbaikan

Sejumlah pekerja dari dinas Pekerjaan Umum Bina Marga tengah melakukan perbaikan jalan (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Pematangsiantar (Antarasumsel.com) - Perbaikan jalan lintas Sumatera (Jalinsum) di kawasan Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, mendesak dilakukan untuk kenyamanan berkendaraan.

"Kita harus ekstra hati-hati, terutama pada malam hari supaya terhindar dari kecelakaan dan menjaga kendaraan tidak cepat rusak," kata Nasir Siregar, pengguna jalan, warga Kota Pematangsiantar, Senin.

Dia mengaku kerepotan melintas di Jalan Sisingamangaraja depan Universitas Simalungun, Kelurahan Bukit Sofa yang kerusakan jalannya cukup parah, karena aspal terkelupas hampir di lebar luas bahu jalan kira-kira enam meter.

"Pagi kendaraan cukup padat, apalagi angkot (angkutan umum kota) sesukanya berhenti dan bergerak untuk menaikkan menurunkan penumpang," kata ayah tiga anak itu.

Di sejumlah titik jalan Medan kawasan Kelurahan Tambun Kota Pematangsiantar , ruas jalan juga banyak berlubang dan kondisi itu semakin dipersulit dengan parkirnya kendaraan besar seperti truk dan tronton di pinggir jalan.

Di Kabupaten Simalungun, ruas jalan di Kecamatan Pane dan Raya bahkan yang baru selesai diperbaiki juga sudah mengalami kerusakan dengan kedalaman mencapai lima sampai 10 centimeter.

"Hampir tiap tahun diperbaiki di lokasi yang sama, tetapi tidak bertahan lama, ini perlu pengawasan yang ketat dari Pemerintah supaya jangan menjadi ajang proyek saja," kata Manahan Sinaga (56 tahun), sopir angkutan umum jurusan Pematangsiantar-Raya Kabupaten Simalungun.