Festival barongsai di Palembang

id barongsai, festival barongsai

Festival barongsai di Palembang

Festival barongsai (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Festival Barongsai yang dilaksanakan di Bukit Siguntang Palembang terus dilestarikan dan dikembangkan hingga ke tingkat nasional serta internasional.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Toni Panggarbesi saat menutup Festival Barongsai di Palembang, Minggu mengatakan, kesenian Barongsai banyak peminat karena menarik sehingga perlu terus dilestarikan.

Selain itu Festival Barongsai bertujuan melestarikan budaya nonlokal yang ada di daerah ini, di samping mencintai seni budaya guna mewujudkan Sumsel sebagai tempat tujuan wisata sehingga semakin diperhitungkan.

Menurut dia, saat ini Dinas Kebudayaan dan Parawisata Sumatera Selatan melakukan bermacam upaya untuk melestarikan kebudayaan daerah baik lokal dan nonlokal, dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan.

Salah satu upaya yang dilakukan agar kebudayaan semakin lestari dengan melaksanakan berbagai festival seperti Barongsai.

Ketua Panitia Indra Lili mengatakan, Festival Barongsai 2013 mengangkat tema seni untuk rakyat melalui lakon cerita dari Negara Tirai Bambu, China.

Festival ini juga sebagai wujud pelestarian budaya Barongsai guna meningkatkan citra parawisata di Sumatera Selatan sekaligus pengembangan untuk kegiatan seni.

Sebagaimana Sumsel menjadi tuan rumah Festival Barongsai yang diikuti 13 tim dari tiga provinsi yakni Jambi, Bangka Belitung dan Sumsel sebagai tuan rumah dan kegiatan itu dibuka Gubernur Sumsel Alex Noerdin.