Kemenkumham Sumsel dukung inovasi satkerkembangkan layanan

id Kemenkumham, inovasi, inovasi layanan, paspor drive thru, paspor, layanan paspor, imigrasi palembang, imigrasi

Kemenkumham Sumsel dukung inovasi satkerkembangkan layanan

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya meresmikan pelayanan paspor drive thru Si Ampera Beetanjak di Kantor Imigrasi Palembang, Selasa (24-9-2024). ANTARA/Yudi Abdullah

Palembang (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan mendukung inovasi satuan kerja (satker) jajarannya di 17 kabupaten dan kota dalam mengembangkan pelayanan publik.

"Satker atau unit pelaksana teknis (UPT) harus terus mengembangkan inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," kata Kakanwil Ilham Djaya seusai acara peluncuran inovasi layanan paspor "drive thru" Si Ampera Beetanjak (Imigrasi Ambil Paspor Tanpa Beranjak) di Kantor Imigrasi Palembang, Selasa.

Menurut dia, pengembangan inovasi layanan tersebut sesuai dengan semboyan Kemenkumham Semakin PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif).

Dengan semboyan "Semakin PASTI" diharapkan dapat memberikan semangat pejabat dan pegawai di jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel melakukan berbagai terobosan untuk mengembangkan inovasi pelayanan publik.

"Pejabat dan pegawai ASN di jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel harus peka dalam mengakomodasi kebutuhan masyarakat, sehingga tercipta inovasi layanan sesuai harapan masyarakat," ujar Kakanwil Ilham.

Sementara Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Khairil Mirza menjelaskan, pihaknya terus berupaya mengembangkan inovasi layanan paspor dan dokumen keimigrasian lainnya.

"Hingga kini sudah ada beberapa pengembangan inovasi layanan publik yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan terbaru inovasi layanan drive thru Si Ampera Bertanjak," ujarnya.

Inovasi pelayanan yang telah dirasakan masyarakat seperti SIGEP (siap nganter paspor), Garsun (gari ke dusun), Si Gita (digitalisasi arsip), Celimpungan (cek alur proses permohonan dan pengambilan paspor), Si Bangkit (Inovasi pembuatan paspor untuk membantu orang sakit), dan Laksan (layanan keimigrasian akhir pekan).

Inovasi layanan itu mendapat apresiasi dari Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Silmy Karim ketika melakukan kunjungan ke Kantor Imigrasi Palembang, Minggu (15/9), kata Kepala Imigrasi Mirza.