Meutia Hatta: Bung Hatta mengajari sesama pejabat tak saling memaki

id Bung Hatta,Pameran Arsip Bung Hatta,Proklamator Indonesia,Meutia Farida Hatta,Soekarno

Meutia Hatta: Bung Hatta mengajari sesama pejabat tak saling memaki

Mohammad Hatta. ANTARA FOTO/IPPHOS/Rei/Koz/aa.

Jakarta (ANTARA) - Putri Pertama Proklamator Indonesia Mohammad Hatta, Meutia Farida Hatta, menyampaikan bahwa Bung Hatta pada masa kepemimpinannya sebagai Wakil Presiden Pertama RI mengajarkan agar sesama pejabat tidak saling memaki satu sama lain.

Ia mengemukakan hal tersebut pada pembukaan Pameran Arsip Bung Hatta untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-122 Sang Proklamator yang diselenggarakan bersama Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Gedung Pameran Tetap Arsip Statis Presiden Soekarno, Jakarta Barat, Senin.

"Tujuan dari pameran ini, kita menunjukkan apa yang kita punya (arsip tentang Mohammad Hatta), menjadi contoh yang penting bahwa pejabat itu tidak boleh saling memaki, pejabat itu harus memahami benar satu sama lain, saling bekerja sama untuk saling meluruskan," katanya.

Ia menyebutkan, meski pada saat memimpin RI untuk pertama kalinya Hatta merasa sudah tidak sejalan dengan Soekarno, tetapi hal tersebut menjadi penilaian antara mereka berdua saja dan tidak disebarluaskan atau diumbar kepada masyarakat.