Pembangunan pabrik CCO di Banyuasin memasuki tahapan Amdal

id Sumsel,Pabrik CCO,Buah kelapa,Bioavtur

Pembangunan pabrik CCO  di Banyuasin memasuki tahapan Amdal

Buah kelapa (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)

Palembang (ANTARA) - Dinas Penanaman Modal Terpada Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sumatera Selatan menyebutkan progres pembangunan pabrik Crude Coconut Oil (CCO) di Desa Muara Sungsang II, Kabupaten Banyuasin sedang memasuki tahapan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

Kabid Promosi PM DPMPTSP Sumsel Rahmat Fitriansyah di Palembang, Rabu, mengatakan Saat ini progres rencana itu masih dalam proses perizinan analisis dampak lingkungan (Amdal) serta kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang atau KKPR.

“Untuk pembangunan pabrik ini masih belum berjalan, akan tetapi sudah mulai proses pengurusan izin lingkungan, kesesuaian RTRW,” katanya.

Ia menjelaskan rencana pembangunan pabrik pengolahan komoditas kelapa menjadi sustainable aviation fuel (SAF) atau bioavtur itu bekerja sama dengan Green Power Development Corporation of Japan (GPDJ).

Untuk rencana nilai investasi Jepang dalam pembangunan pabrik CCO itu senilai Rp200 miliar sampai Rp300 miliar, dengan skala produksi CCO diperkirakan mencapai 100 ton sampai 120 ton per hari dan omset sebesar Rp660 miliar per tahun.