Italia vs Spanyol: Dua raksasa bertemu terlalu dini

id Euro 2024, Preview Euro 2024, Italia vs Spanyol,Grup B Euro 2024,timnas spanyol,berita palembang, berita sumsel

Italia vs Spanyol: Dua raksasa bertemu terlalu dini

MATCHDAY KE-2 Grup B, Spanyol vs Italia. Pertandingan grup B piala eropa 2024 Spanyol vs Italia. (ANTARA/Dasri/Nurul)

Jakarta (ANTARA) - Sejauh ini pertandingan antara juara bertahan Italia dan Spanyol di Veltins-Arena, Gelsenkrichen, Jumat dini hari pukul 02.00 WIB nanti adalah laga terbesar dalam Euro 2024.

Ini pertandingan klasik yang menguak banyak aspek, termasuk rivalitas abadi, apalagi kedua kiblat sepak bola Eropa menganut mazhab sepak bola yang berbeda.

Keduanya sudah mengantongi tiga poin dari kemenangan melawan Albania dan Kroasia. Italia menang 2-1 atas Albania, sedangkan Spanyol menggulung Kroasia 3-0.

Kedua negara tak saja bersaing di tingkat timnas, namun juga tingkat klub dan liga. Dan persaingan itu abadi tak kenal zaman.

Sejak Olimpiade 1920 di Antwerp, Belgia, kedua tim sudah 40 kali bertemu dalam berbagai turnamen. Spanyol menang 13 kali, Italia menang 11 kali, sisanya berakhir seri.

Tapi pada tingkat turnamen utama sepak bola dunia, Azzurri dan La Roja baru bertemu sembilan kali; tiga kali dalam Piala Dunia dan enam kali dalam Piala Eropa.

Mereka juga dua dari empat tim Eropa yang menjuarai Piala Dunia dan Piala Eropa. Di sini, catatan Italia sedikit lebih unggul.