Pj Gubernur Sumsel beri 10 arahan jaga inflasi jelang Idul Adha

id sumsel,palembang,inflasi,idul adha,pemprov sumsel

Pj Gubernur Sumsel beri 10 arahan jaga inflasi  jelang Idul Adha

Penjabat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni. (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni memberikan 10 arahan kepada para kepala daerah di wilayah itu untuk menjaga inflasi menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Agus Fatoni di Palembang, Kamis, mengatakan tingkat Inflasi adalah salah satu indikator yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, dimana perekonomian daerah akan tumbuh dan berjalan baik bila tingkat inflasi daerah terjaga rendah dan stabil.

Ia menjelaskan saat ini, tingkat inflasi di Sumsel mengalami inflasi bulan Mei 2024 sebesar 0,06 persen secara bulanan (month to month/mtm) atau menurun dibandingkan pada bulan sebelumnya yaitu bulan April 2024 mengalami inflasi sebesar 0,43 persen, dan dengan inflasi tahunan menurun 2,98 persen secara tahunan (year on year/yoy) dari inflasi bulan sebelumnya 3,12 persen.

Untuk Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Selatan pada Triwulan I-2024 tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 5,06 persen secara yoy atau dibawah pertumbuhan ekonomi nasional yang sebesar 5,11 persen secara yoy.