Dokter: Gejala awal polio mirip infeksi saluran pernapasan

id polio tangerang,gejala Ispa

Dokter: Gejala awal polio mirip infeksi saluran pernapasan

Seorang anak sedang disuntik imunisasi di salah satu faskes Kota Tangerang beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-Dinkes Kota Tangerang

Tangerang (ANTARA) - Gejala awal penyakit polio tidak spesifik karena mirip dengan infeksi saluran pernapasan pada umumnya dan memiliki masa inkubasi mulai dari 7 hingga 21 hari sebelum menimbulkan kondisi serius berupa kelumpuhan.

“Gejala awal, seperti demam, sakit tenggorokan, batuk pilek, nyeri otot, lemas. Kemudian, 7 - 14 hari setelah gejala awal tersebut dapat terjadi rasa kebas, terutama di bagian kaki, kelemahan kedua kaki sampai sulit berjalan dan sulit menggenggam benda yang seharusnya bisa dipegang,” kata Dokter Spesialis Anak RS Sari Asih Karawaci Kota Tangerang Miky Akbar dalam keterangan yang diterima di Tangerang, Selasa.

Ia menjelaskan polio adalah salah satu penyakit infeksi pada saraf yang diakibatkan oleh virus polio. Penyakit ini menyerang sistem saraf pusat dan perifer serta bisa menyebabkan kelumpuhan permanen.

Virus polio biasanya menyebar melalui rute fecal-oral, yang berarti dapat ditransmisikan melalui kontak langsung atau melalui makanan dan air yang terkontaminasi dengan tinja (feses) penderita yang terinfeksi virus polio.