Lokasi kecelakaan KA di tengah pesawahan, lokasi di police line

id kecelakaan ka, cicalengka bandung jawa barat

Lokasi kecelakaan KA di tengah pesawahan, lokasi di police line

Kecelakaan terjadi antara Kereta Api (KA) Turangga dengan KA Lokal Bandung di Cicalengka Kabupatwn Bandung (ANTARA/Rubby Jovan)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Lokasi kecelakaan KA di Cicalengka Kabupaten Bandung Jawa Barat berada di tengah pesawahan dan jauh dari perkampungan penduduk.

Kecelakaan KA itu merupakan yang terburuk di awal tahun 2024 ini. Kejadian bertabrakan langsung sehingga gerbungnya terangkat.

Polisi melakukan pengamanan lokasi dengan melakukan police line di lokasi kejadian.

Jalur itu merupakan jalar KA selatan dari Bandung ke jurusan timur pulau Jawa.

KA yang terlibat adalah KA Turangga relasi Stasiun Bandung - Stasiun Gubeng Jawa Timur.

Sedangkan KA Komuter Bandung Raya merupakan ka lokal Bandung raya yang melayani jalur Cicalengka di Kabupaten Bandung ke Stasiun Padalarang di Kabupaten Bandung Barat.

Tabrakan KA ini baru pertama terjadi di wilayah Daop II Bandung. Kejadian KA di jalur itu selama ini paling hanya amblasan atau longsor.

Sementara kejadian KA terguling terakhir terjadi pada 21 April 2007, KA 174 Serayu Ekonomi jurusan Jakarta-Kroya terguling di Kersamanag Kabupaten Garut di Km 223+4/5 tepatnya antara stasiun Warungbandrek-Bumiwaluya, Desa Sukamaju, Kersamanah Kabupaten Garut. Namun tidak ada korban jiwa dari kejadian itu.