Kilang Pertamina Plaju raih penghargaan Indonesia Sustainable

id Kilang Pertamina, kilang plaju, raih penghargaan, penghargaan, award, isda, indonesia sustainable development award, is,berita palembang, berita sums

Kilang Pertamina Plaju raih penghargaan Indonesia  Sustainable

Program Desa Energi Berdikari (DEB) diimplementasikan Kilang Plaju di Desa Singapure, Kabupaten Lahat, Sumsel. (ANTARA/HO/23)

Palembang (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit III Plaju Palembang, Sumatera Selatan meraih penghargaan Indonesia Sustainable Development Awards (ISDA) 2023.

"Penghargaan dari Corporate Forum for CSR Development (CFCD) yang diterima pada awal pekan Desember 2023 ini sebagai bentuk pengakuan terhadap komitmen tujuan pembangunan berkelanjutan', kata Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju Siti Rachmi Indahsari di Palembang, Rabu.

Penghargaan itu juga diraih sebagai bentuk kontribusi perusahaan pada pencapaian tujuan SDGs ke-7 yakni meningkatkan secara substansial pangsa energi terbarukan dalam bauran energi global.

Dia menjelaskan, pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung pencapaian target-target 'tujuan pembangunan berkelanjutan.

Dukungan itu diwujudkan melalui Program Desa Mandiri Energi yang fokus kepada penyediaan energi alternatif untuk masyarakat di daerah operasional dalam wilayah Sumsel.

Aksi nyata tersebut merupakan upaya Kilang Pertamina Plaju dalam menjawab persoalan masyarakat desa yang belum teraliri listrik dalam wilayah Sumsel yang kali ini perhatiannya di Desa Singapure, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Lahat.

Dengan solar cell kapasitas 2,2 Kilowatt Peak (kWp), dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) sebesar 10 kWp, di Desa Singapure merupakan salah satu langkah Kilang Pertamina Plaju dalam akselerasi transisi energi terbarukan yang merata dengan mengoptimalkan sumber daya energi lokal.

Program Desa Energi Berdikari (DEB) yang diimplementasikan perusahaan di Desa Singapure, Kabupaten Lahat, Sumsel, selaras dengan pilar program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang dilaksanakan oleh Kilang Pertamina Plaju, serta mendukung target pemerintah dalam mencapai 'Net Zero Emission (NZE)' di tahun 2060.