Erick Thohir sebut penanganan sampah laut terkendala pembiayaan

id Erick thohir,Sampah laut,Kemenkomarves,asean,berita sumsel, berita palembang

Erick Thohir sebut penanganan sampah laut terkendala pembiayaan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ad-interim Erick Thohir. ANTARA/Maria Cicilia Galuh

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ad-interim Erick Thohir mengatakan bahwa negara-negara di ASEAN masih mengalami kendala pembiayaan dan infrastruktur dalam menangani masalah sampah.

Melalui video sambutan dalam acara "ASEAN Conference on Combatting Plastic Pollution" (ACCPP) di Jakarta, Selasa, Erick menyampaikan volume sampah baik di darat dan di lautan mengalami peningkatan pesat selama beberapa tahun terakhir.

Oleh karenanya, negara-negara di Asia Tenggara perlu berkolaborasi dalam menangani permasalahan sampah, termasuk sampah plastik di lautan, lantaran masih terdapat banyak kendala di lapangan.

"Negara-negara anggota ASEAN dalam menangani sampah masih menghadapi kendala seperti kapasitas pembiayaan dan infrastruktur. Namun, saya yakin kita semua sedang bekerja keras untuk mencari solusi permasalahan sampah ini," ujarnya.

Erick mengatakan ASEAN telah memiliki rencana aksi regional untuk memerangi sampah laut dan kerangka ekonomi sirkular bagi komunitas ekonomi di Asia Tenggara.