Kodim 0405/Lahat bantu bangun sarana MCK dan perbaiki rumah tak layak

id Kodim 0405, kodim Lahat, bantu bangun MCK, mck, kumuh, miskin, rumah tak layak, perbaiki rumah tak layak, layak huni

Kodim 0405/Lahat bantu bangun sarana MCK dan  perbaiki rumah tak layak

Prajurit Kodim 0405/Lahat persiapan bakti sosial (ANTARA/HO/23)

Palembang (ANTARA) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat, Sumatera Selatan membantu masyarakat kabupaten setempat membangun sarana mandi, cuci, kakus (MCK) dan memperbaiki sejumlah rumah tidak layak huni (RTLH).

"Kegiatan sosial prajurit TNI jajaran Kodim 0405 itu dilakukan di Desa Suka Cinta, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat," kata Komandan Kodim 0405/Lahat Letkol Inf Toni Oki Priyono di Lahat, Selasa.

Pembangunan MCK dan perbaikan RTLH sebagai upaya pihaknya berpartisipasi menciptakan lingkungan permukiman sebagai kawasan tempat tinggal yang sehat.

Kemudian perbaikan RTLH dilakukan sebagai upaya membantu masyarakat miskin memiliki rumah yang layak untuk dihuni bersama keluarganya dan membantu melakukan penataan kawasan kumuh.

"Kegiatan sosial prajurit Kodim Lahat ini, merupakan kegiatan pancingan yang diharapkan dapat dilanjutkan oleh masyarakat setempat dengan cara bergotong royong," ujarnya.

Kegiatan yang dilakukan prajurit TNI bersama masyarakat merupakan bukti jika suatu pekerjaan dilakukan secara bergotong royong bisa terasa ringan baik dari sisi biaya dan tenaga kerja.

Jika kegiatan yang telah dirintis prajurit Kodim Lahat benar-benar dapat dilanjutkan oleh masyarakat, dalam beberapa bulan ke depan semua memiliki sarana MCK dan tidak ada lagi rumah yang tidak layak huni, ujar Komandan Kodim.

Selain melakukan kegiatan pembangunan MCK dan perbaikan RTLH prajurit Kodim Lahat juga menggelar bakti kesehatan dengan melakukan donor darah massal bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Lahat.

Kegiatan itu diikuti 50 orang prajurit Kodim 0405/Lahat bersama sejumlah masyarakat Desa Suka Cinta.

Kodim 0405/Lahat akan terus berupaya membantu dan menjadi solusi untuk mengatasi kesulitan rakyat, melalui program-program yang berdampak langsung untuk kesejahteraan masyarakat, kata Letkol Inf Toni Oki Priyono.