Polisi siaga cegah bentrokan di lokasi tambang Banyuasin

id Polda Sumsel, siagakan personel, polisi, cegah bentrokan, lokasi tambang, batubara, banyuasin

Polisi siaga cegah bentrokan di lokasi tambang Banyuasin

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan hingga Kamis masih menyiagakan puluhan personel untuk mengamankan lokasi tambang batu bara PT Basin Coal Mining (PT BCM) di Kabupaten Banyuasin setelah terjadi bentrokan antara masyarakat dengan pihak perusahaan tersebut pada awal September 2023.

"Puluhan personel Polda Sumsel dan Polres Banyuasin masih siaga di lokasi perbatasan Desa Paldas, Kecamatan Rantau Bayur, Banyuasin dengan Tanjung Agung Barat, Musi Banyuasin (Muba) untuk mencegah terjadi kembali bentrokan tersebut," kata Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi di Palembang, Kamis.

Menurut dia, Kapolda Sumsel Irjen Pol Rahmad Wibowo memerintahkan kepada personel di lokasi tambang untuk melakukan langkah-langkah mediasi, baik ke pihak perusahaan maupun pihak masyarakat agar bentrokan tidak terjadi kembali dan kondisi kamtibmas semakin kondusif.

"Sementara ini kedua belah pihak sepakat untuk menahan diri kegiatan yang dapat memicu bentrokan, sampai ada kesepakatan yang saling menguntungkan," ujarnya.

Dia menjelaskan bentrokan terjadi di sekitar lokasi tambang batu bara PT BCM karena adanya penolakan warga Desa Paldas terhadap pembuatan akses jalan menuju perusahaan batu bara beberapa waktu lalu diabaikan oleh pihak perusahaan.