Polres OKU Timur galakkan Program Polri Peduli Budaya Literasi

id Pembagian buku, pelajar sekolah, program Polri, pelosok desa, Polres OKU Timur

Polres OKU Timur galakkan Program Polri  Peduli Budaya Literasi

Polres OKU Timur membagikan buku ke sekolah dalam program Polri Peduli Budaya Literasi, Senin. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Martapura (ANTARA) - Jajaran Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan menggalakkan program Polri Peduli Budaya Literasi dengan mendistribusikan buku ke sekolah hingga pelosok desa di daerah itu.

Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono di Martapura, Senin mengatakan pendistribusian buku dilakukan oleh seluruh Polsek jajaran yang menyasar pada siswa jenjang Sekolah Dasar (SD) dan tingkat SMP di wilayah itu.

"Ada ratusan buku pelajaran yang kami bagikan secara gratis untuk sekolah-sekolah, termasuk pondok pesantren yang ada di Kabupaten OKU Timur," katanya.

Dia menjelaskan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung program “Polri Peduli Budaya Literasi, Distribusi Buku Sampai Pelosok Negeri” yang digagas oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk peduli terhadap pendidikan anak-anak di seluruh pelosok negeri Indonesia.

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap budaya literasi distribusi buku sampai ke pelosok nusantara, terutama di wilayah hukum Polres OKU Timur.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan budaya literasi agar para pelajar gemar membaca sehingga dapat melahirkan generasi penerus bangsa yang gemilang dimasa yang akan datang.

"Baksos buku ini merupakan bentuk empati dan kepedulian sosial kepada para pelajar agar gemar membaca dan sekaligus mencegah kenakalan remaja," jelasnya.

Ia berharap melalui program tersebut anak-anak siswa SD dan para pelajar tingkat SMP semakin bersemangat untuk terus belajar tentang budaya literasi.

"Dengan adanya pembagian buku ini diharapkan agar para pelajar lebih giat membaca guna menambah ilmu pengetahuan," ujarnya.