Gubernur Sumsel meluncurkan logo dan maskot Popnas XVI/2023

id sumsel,logo popnas,popnas sumsel,pemprov sumsel

Gubernur Sumsel meluncurkan logo dan maskot Popnas XVI/2023

Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru secara resmi meluncurkan logo dan maskot Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI tahun 2023 di halaman Griya Agung Palembang, Senin (31/7/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru secara resmi meluncurkan logo dan maskot Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI/2023 di halaman Griya Agung Palembang, Senin (31/7).

"Peluncuran ini menandai persiapan Sumsel sebagai tuan rumah Popnas yang akan digelar dalam 30 hari mendatang," kata Deru dalam keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Selasa.

Ia mengatakan peluncuran logo dan maskot tersebut menunjukkan kesiapan Sumsel sebagai tuan rumah Popnas.

Ia pun berharap, ajang itu tidak sekadar menjadi wadah rekreasi bagi para pelajar, tetapi juga menjadi langkah untuk meraih prestasi.

"Kita bersyukur atas kehadiran para tamu. Akan ada sekitar 10.000 peserta dalam kegiatan olahraga ini, maka dari itu saya berharap sebagai tuan rumah memberikan prestasi yang luar biasa dan yang paling utama adalah keramahtamahan," katanya.

Popnas 2023 akan mempertandingkan 22 cabang olahraga dari rencana awal 26 cabang olahraga setelah Provinsi Bangka Belitung mundur sebagai tuan rumah pesta olahraga untuk pelajar tersebut.

"Selain untuk mencetak atlet-atlet pelajar yang berprestasi baik nasional maupun internasional, diharapkan kegiatan ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Sumsel," kata Deru.

Asisten Deputi Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi Kemenpora RI Bayu Rahardian mengapresiasi persiapan yang dilakukan Sumsel dan menyatakan harapannya agar Popnas XVI berjalan sukses dan menjadi acuan untuk ajang olahraga selanjutnya.

"Sebagai tuan rumah, Sumsel diingatkan untuk memberikan sambutan hangat kepada kontingen dari daerah lain sehingga mereka merasa nyaman dan berkeinginan untuk kembali ke kota ini," kata dia.