HUT RI Ke-78, Perisai Diri unjuk kebolehan di Negeri Kanguru

id hut ri ke-78,Hari Kemerdekaan, Perisai Diri

HUT RI Ke-78, Perisai Diri unjuk kebolehan di Negeri Kanguru

Arsip - Ribuan pesilat Perisai Diri berlatih bersama menggunakan toya atau tongkat di lapangan Shiwa Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (21/10/2018). Latihan bersama yang dikemas dengan nama "Para Kesatria Seribu Toya" tesebut diikuti 1.540 pesilat dari seluruh Indonesia. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/pras.

Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Canberra tampilkan Pencak Silat oleh Perguruan Silat Perisai Diri Canberra dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 pada Sabtu (29/7).

Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Canberra Mukhamad Najib menyatakan pertunjukan silat tersebut menjadi ajang promosi budaya Indonesia kepada masyarakat Australia.

“Pencak silat merupakan salah satu potensi daya tarik bagi siswa Australia untuk belajar tentang Indonesia dan bahasa Indonesia. Mereka senang olah raga, sehingga pencak silat sebagai olah raga beladiri asli Indonesia perlu dikenalkan kepada siswa, sekaligus jadi media siswa mengenal Indonesia”, jelas Najib dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (30/7).

Menurut Najib selama ini Kantor Atdikbud gencar melaksanakan Indonesia Goes to School untuk mempromosikan budaya dan bahasa Indonesia ke sekolah-sekolah Australia dengan menyelenggarakan pelatihan seni dan budaya Indonesia untuk para siswa.

Saat ini, kata Nadjib ,dikenalkan juga pencak silat dengan harapan siswa Australia semakin tertarik dengan keragaman budaya Indonesia dan ke depan silat bisa menjadi kegiatan ekstrakurikuler di sekolah Australia.