BPJS Kesehatan Palembang gandeng PKK gelar senam lansia

id BPJS Kesehatan, jkn, kis, gandeng PKK, senam lansia, prolanis

BPJS Kesehatan Palembang gandeng  PKK gelar senam lansia

Gubernur Sumsel Herman Deru bersama pejabat BPJS Kesehatan Palembang pada kegiatan senam prolanis. ANTARA/Yudi Abdullah

Palembang (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kota Palembang menggandeng istri pegawai pemerintah daerah yang tergabung dalam organisasi PKK menggelar kegiatan senam bersama orang lanjut usia (lansia) di Sumatera Selatan.

Kegiatan senam yang diikuti sekitar 400 lansia yang dilakukan di Palembang, Jumat, diselenggarakan bekerja sama dengan ibu-ibu PKK Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan di bawah pimpinan istri Gubernur Febrita Herman Deru.

Ketua Panitia Senam Prolanis yang juga Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang Sari Quratulainy menjelaskan senam yang menjadi salah satu kegiatan program pengelolaan penyakit kronis (prolanis) digelar dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta JKN-KIS yang menderita penyakit kronis.

Diabetes mellitus (DM) dan hipertensi (HT) merupakan dua penyakit kronis yang banyak diderita oleh masyarakat.

Untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis khususnya penderita DM dan HT mencapai kualitas hidup yang optimal sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit melalui pelayanan yang terintegrasi, BPJS Kesehatan melaksanakan program yang disebut dengan prolanis yang merupakan bagian dari empat pilar kesehatan dalam pelaksanaan program jaminan kesehatan nasional (JKN).

"Kegiatan senam lansia yang dilakukan pada hari ini merupakan salah satu program promotiv preventif dalam mencegah ke penyakit kronis bagi setiap peserta JKN-KIS yang menderita khususnya hipertensi dan kencing manis (DM)," ujarnya.