Masata Sumsel lobi maskapai buka penerbangan Palembang ke negara ASEAN

id Penerbangan, rute luar negeri, asean, pariwisata, mice, association of southeast asian nations

Masata Sumsel lobi maskapai buka penerbangan Palembang ke negara ASEAN

Suasana Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Sumatera Selatan melakukan upaya pendekatan dan melobi maskapai penerbangan  nasional maupun internasional membuka kembali rute penerbangan langsung dari Palembang ke  negara kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

Pembukaan rute penerbangan langsung ke kawasan 'Association of Southeast Asian Nations (ASEAN)' seperti ke Malaysia, Singapura, dan Thailand terus diperjuangkan untuk  mendukung pengembangan industri pariwisata di Palembang dan daerah Sumsel lainnya, kata  Ketua Masata Sumsel Herlan Aspiudin di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan, sebelum terjadi pandemi COVID'19 ada beberapa maskapai penerbangan membuka rute penerbangan langsung seperti Palembang-Singapura dan Palembang-Malaysia.

Setelah pandemi COVID-19 bisa dikendalikan dan tidak ada lagi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat, penerbangan langsung ke luar negeri dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang hingga Juli 2023 ini masih tertutup.

Berdasarkan komunikasi dengan pihak maskapai penerbangan, mereka mengupayakan segera membuka penerbangan langsung dari Palembang ke beberapa kota di kawasan ASEAN.

"Kami terus mengupayakan pembukaan rute penerbangan ke kawasan ASEAN dan menjadikan Bandara SMB II Palembang sebagai pintu masuk atau entry point berbagai jalur penerbangan internasional," kata Ketua Masata Sumsel.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal menambahkan bahwa pembukaan rute penerbangan dari Palembang ke beberapa negara ASEAN tidak hanya dapat mendukung pengembangan industri pariwisata tetapi juga perdagangan antarnegara kawasan Asia Tenggara.

Selain memiliki potensi objek wisata alam,  budaya, sejarah, dan kuliner, provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu juga memiliki potensi pariwisata  'Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition  atau MICE'.

Potensi MICE atau untuk kegiatan pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran terdapat di Kota Palembang yang pernah menjadi tuan rumah Asian Games pada Agustus 2018.

Melihat potensi pariwisata dan sumber daya alam seperti perkebunan dan pertambangan yang ada di Sumsel, perjuangan permintaan pembukaan rute penerbangan langsung  Palembang ke negara-negara kawasan ASEAN segera mendapat tanggapan positif dari maskapai penerbangan  sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan asing sekaligus juga memperluas perdagangan hasil bumi daerah ini, kata Aufa.