Presiden harap Dubes Rumania gali potensi ekonomi Indonesia di Balkan

id presiden jokowi,romania,Meidyatama Suryodiningrat ,duta besar,berita sumsel, berita palembang

Presiden harap Dubes Rumania gali potensi ekonomi Indonesia di Balkan

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Rumania merangkap Republik Moldova Meidyatama Suryodiningrat di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/6/2023). ANTARA/Desca Lidya Natalia

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo berharap Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Rumania merangkap Republik Moldova Meidyatama Suryodiningrat dapat meningkatkan potensi ekonomi Indonesia di daerah Balkan dan Eropa Timur.

"Terkait dengan penugasan kami di Bucharest, Presiden menekankan tiga sampai empat hal. Pertama adalah diplomasi ekonomi bagaimana meningkatkan potensi Indonesia secara ekonomi di luar negeri, terutama untuk wilayah Balkan dan Eropa Timur," kata Meidyatama Suryodiningrat yang biasa dipanggil Dimas tersebut di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

Hal itu disampaikan Dimas seusai dilantik Presiden Jokowi bersama dengan 11 dubes LBBP lain di Istana Negara, Jakarta.

"Kedua sudah pasti mengenai hal-hal kedaulatan Republik Indonesia. Ketiga, perlindungan warga negara Indonesia di luar negeri," ungkap Dimas.

Kali ini para duta besar juga memiliki fokus khusus untuk memfasilitasi dan mengamankan dan memastikan bahwa pemilu di luar negeri bisa berjalan dengan baik.