Dokter jelaskan perbedaan bedah plastik estetik dan rekonstruksi

id Bedah plastik, dr Hardi Soedjana,bedah plastik estetik,berita sumsel, berita palembang

Dokter jelaskan perbedaan bedah plastik estetik dan rekonstruksi

Praktisi kesehatan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik dr Hardi Soedjana dalam acara diskusi mengenai risiko dan keamanan dalam bedah plastik estetik yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat (26/5/2023). (ANTARA/Sean Filo Muhamad)

Jakarta (ANTARA) - Praktisi kesehatan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik dr Hardi Soedjana menjelaskan perbedaan bedah plastik estetik dan bedah plastik rekonstruksi pembentukan bagian tubuh.  

"Bedah plastik estetik itu untuk yang fisik sebelumnya normal kemudian ingin diperbagus, sedangkan bedah plastik rekonstruksi tujuannya untuk membentuk fisik yang tadinya tidak normal menjadi normal kembali atau setidaknya mendekati," katanya dalam acara diskusi mengenai risiko dan keamanan dalam bedah plastik estetik yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat.
 
Hardi mengatakan bedah plastik estetik dilakukan kepada orang yang ingin memiliki bentuk fisik tertentu seperti hidung mancung, bibir berbentuk seperti huruf M, dan lain sebagainya.
 
Sedangkan, sambungnya, bedah plastik rekonstruksi bisa dilakukan kepada orang yang memiliki ketidaknormalan bentuk fisik baik yang diakibatkan oleh kecelakaan, ataupun yang bawaan seperti bibir sumbing.
 
Meskipun sama dalam hal bedah plastiknya, Dia melanjutkan, tidak sembarang dokter dapat melakukan bedah plastik estetik karena diperlukan pengalaman bertahun-tahun untuk dapat melakukannya dengan baik.